Bamsoet: DPR Tunggu RUU Pemindahan Ibu Kota

Fakhrizal Fakhri , Okezone · Rabu 28 Agustus 2019 16:07 WIB
https: img.okezone.com content 2019 08 28 337 2097726 bamsoet-dpr-tunggu-ruu-pemindahan-ibu-kota-2U3Py0pkpk.jpg Ketua DPR RI Bambang Soesatyo. (Foto : Dok Okezone.com/Muhamad Rizky)

JAKARTA – Ketua DPR RI, Bambang Soesatyo (Bamsoet), mengatakan, pihaknya menunggu rancangan undang-undang sebagai payung hukum pemindahan Ibu Kota dari DKI Jakarta ke Kalimantan Timur (Kaltim).

Bamsoet memastikan DPR telah membacakan surat Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam sidang paripurna. Berdasarkan surat itu, diketahui pemerintah baru menyampaikan tentang hasil kajiannya.

"Jadi, masih dalam pengkajian. Pada prinsipnya, kami apapun jauh untuk kepentingan masyarakat pasti kami akan dukung," kata Bamsoet di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (28/8/2019).

Politikus Golkar itu memastikan DPR telah membahas rencana pemindahan ibu kota tersebut. Nantinya, pemindahan ibu kota akan dibahas di Komisi II DPR.

Desain Ibu Kota (Dok Kementerian PUPR)

Menurutnya, nantinya pembahasan payung hukum pemindahan ibu kota dibahas anggota DPR periode berikutnya. Hingga saat ini DPR masih menunggu RUU pemindahan ibu kota tersebut.

"Kita masih nunggu rancangan UU-nya. Kalau periode depan ya nanti membahasnya. Yang sekarang ini yang kami terima adalah hasil kajian yang disampaikan oleh kami dan mohon untuk beri dukungan," katanya.


Baca Juga : Fadli Zon: Gedung DPR/MPR Ikut Pindah ke Ibu Kota Baru

"Nah itu sudah disampaikan kepada pihak internal, lalu sudah kita bahas di rapat pimpinan dan kita serahkan nanti komisi II untuk melakukan pembahasannya. Jadi, belum masuk kepada pembahasan UU," tuturnya.


Baca Juga : Fadli Zon : Kelihatannya Presiden Tergesa-gesa Pindahkan Ibu Kota

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini