Fadli Zon: Gedung DPR/MPR Ikut Pindah ke Ibu Kota Baru

Harits Tryan Akhmad, Okezone · Rabu 28 Agustus 2019 14:58 WIB
https: img.okezone.com content 2019 08 28 337 2097691 fadli-zon-gedung-dpr-mpr-ikut-pindah-ke-ibu-kota-baru-OszePL65Lb.jpg Wakil Ketua DPR RI, Fadli Zon. (Foto : Dok Okezone.com)

JAKARTA – Wakil Ketua DPR RI, Fadli Zon, memastikan Gedung DPR/MPR bakal ikut pindah dari Jakarta ke ibu kota baru yakni Kalimantan Timur (Kaltim). Seluruh aktivitas parlemen akan pindah dari Jakarta ke Kaltim.

"Lah semua dong (DPR,MPR, dan DPD pindah-red). Kalau ibu kotanya dipindah, semua pindah," kata Fadli di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (28/8/2019).

Tidak hanya gedung parlemen yang akan pindah, Fadli menyebut Istana Presiden dan seluruh gedung kementerian yang selama ini ada di Jakarta juga akan pindah ke Ibu Kota baru.

"Istana presiden juga pindah, 34 kementerian pindah. Badan-badan pindah semua pindah. Coba bayangin PNS juga pindah," tuturnya.

Infografis Pemindahan Ibu Kota. (Dok Okezone.com)

Sementara itu, Fadli mengaku mendapat informasi banyak PNS yang menolak rencana Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk memindahkan ibu kota ke Kaltim.

"PNS aja saya denger sudah banyak yang mengeluh. Tidak mau dan menolak. Nah inilah karena memang dijalankan secara amatiran," tutur dia.

Oleh sebab itu, Fadli Zon berharap Jokowi mendengarkan pendapat dari berbagai pemangku kepentingan dalam mengkaji lebih serius soal pemindahan ibu kota.


Baca Juga : Masyarakat Adat Penajam Paser Utara Gelar Syukuran atas Pemindahan Ibu Kota

"Dengar dulu dong pendapat-pendapat masyarakat, para ahli, akademisi, perguruan tinggi. Bukan hanya niat, mungkin karena dapat wangsit dari mana gitu," tuturnya.

Sekadar diketahui Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengumumkan ibu kota negara dipindahkan dari DKI Jakarta ke Kalimantan Timur (Kaltim), tepatnya Penajam Paser Utara dan Kutai Kertanegara. Kedua kabupaten itu dipilih menjadi lokasi ibu kota baru karena risiko bencana minim. Selain itu, kedua wilayah itu dipilih menjadi lokasi ibu kota negara karena letaknya strategis dan dekat dengan kota-kota yang sudah berkembang, seperti Balikpapan dan Samarinda.


Baca Juga : Fadli Zon : Kelihatannya Presiden Tergesa-gesa Pindahkan Ibu Kota

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini