Pindah Ibu Kota, Demokrat: Akan Banyak Tantangan

Puteranegara Batubara, Okezone · Rabu 28 Agustus 2019 06:02 WIB
https: img.okezone.com content 2019 08 28 337 2097465 pindah-ibu-kota-demokrat-akan-banyak-tantangan-sQ5boFxI8P.jpg Waketum Partai Demokrat, Syarief Hasan (foto: Okezone.com)

JAKARTA - Partai Demokrat mendukung keputusan Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk memindahkan Ibu Kota Jakarta ke wilayah Kalimantan Timur. Pasalnya, wacana perpindahan ini bagus untuk waktu jangka panjang.

"Bagus untuk jangka panjang," kata Wakil Ketua Umum Partai Demokrat Syarief Hasan kepada Okezone, Jakarta, Selasa (27/8/2019).

 Baca juga: Moeldoko Sebut Prabowo Tidak Miliki Lahan di Ibu Kota Baru

Kendati mendukung, Syarief mengungkapkan rencana perpindahan itu akan menghadapi banyak tantangan. Sebab itu, dia meminta kepada pemerintah untuk siap menghadapi segala risiko yang bisa terjadi.

"Sekalipun banyak tantangan atau kendali yang dihadapi termasuk produktivitas, efektivitas kerja aparat negara selama proses peralihan," ujar Syarief.

 Baca juga: JK Tegaskan Pemerintah Tak Sepihak soal Pemindahan Ibu Kota

Selain itu, Syarief menyebut tantangan lainnya juga akan berpengaruh dari sisi perekonomian. Mengingat, kata Syarief, proses perpidahan Ibu Kota akan pengaruhi pendapatan negara.

"Dan melemahnya ekonomi dunia yang akan mempengaruhi pendapatan negara," tutup Syarief.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini