nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

KPK Cecar Mantan Gubernur Jabar Aher Soal Perizinan Proyek Meikarta

Arie Dwi Satrio, Jurnalis · Selasa 27 Agustus 2019 22:36 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 08 27 337 2097446 kpk-cecar-mantan-gubernur-jabar-aher-soal-perizinan-proyek-meikarta-nlQXMervwB.jpg Ahmad Heryawan (foto: Okezone.com)

JAKARTA - Tim penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) rampung memeriksa mantan Gubernur Jawa Barat (Jabar), Ahmad Heryawan (Aher). Aher diperiksa tim penyidik terkait proses perizinan proyek Meikarta di Cikarang, Bekasi, Jawa Barat, yang berujung rasuah.

Sedianya, Aher diperiksa pada hari ini dalam kapasitasnya sebagai saksi. Dia dimintai keterangannya untuk proses penyidikan Sekda Jawa Barat non-aktif, Iwa Karniwa.

"Kalau untuk pemeriksaan di kasus Meikarta itu sebenarnya kan ada dua hal yang pertama terkait dengan proses perizinan dari proyek meikarta itu sendiri ada tahapan-tahapannya ada persinggungan juga dengan pihak Bekasi Pemkab Bekasi dan dan juga pihak Pemprov Jawa Barat itu kan ada perhitungannya," kata Juru Bicara KPK, Febri Diansyah di kantornya, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Selasa (27/8/2019).

 Baca juga: Ahmad Heryawan Penuhi Panggilan Ulang KPK sebagai Saksi Kasus Meikarta

Menurut Febri, proses perizinan yang didalami penyidik terhadap Aher yakni soal penerbitan Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) untuk Kabupaten Bekasi. Diduga, ada perubahan RDTR untuk Kabupaten Bekasi yang tidak sesuai guna kepentingan pembangunan proyek Meikarta.

"Jadi rencana detail tata ruangnya karena memang ada kondisi disana tidak memungkinkan sebenarnya peruntukan atau aturan tata ruang yang ada itu bisa memfasilitasi seluruh rencana yang disusun oleh pihak meikarta tersebut atau penyelenggara meikarta itu. Karena itulah juga ada upaya-upaya untuk mengubah aturan agar sesuai dengan kepentingan perusahaan saat ini," ucapnya.

 Baca juga: Eks Gubernur Jabar Ahmad Heryawan Mangkir dari Panggilan KPK

KPK sendiri telah menetapkan Sekretaris Daerah (Sekda) non-aktif Pemprov Jawa Barat (Jabar), Iwa Karniwa (IWK) sebagai tersangka pengembangan kasus dugaan suap pengurusan izin mega proyek Meikarta di Cikarang.

Iwa Karniwa diduga menerima suap Rp900 juta untuk mengurus Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) Kabupaten Bekasi yang masih berkaitan dengan proyek Meikarta.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini