Share

Ibu Kota Pindah, Anies: Jokowi Tetap Komitmen Bangun Jakarta

Fadel Prayoga, Okezone · Selasa 27 Agustus 2019 16:49 WIB
https: img.okezone.com content 2019 08 27 337 2097305 ibu-kota-pindah-anies-jokowi-tetap-komitmen-bangun-jakarta-viMbq6btJu.jpg Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan. (Foto : Dok Okezone.com)

JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi mengumumkan pemindahan ibu kota ke Kalimantan Timur (Kaltim). Lokasi ibu kota baru nantinya berada di Kecamatan Samboja, Kabupaten Kutai Kartanegara dan Kecamatan Sepaku Semoi di Kabupaten Penajam Paser Utara.

Menanggapi hal itu, Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan menyatakan, Jokowi tetap berkomitmen membangun Jakarta, meski nanti statusnya sudah bukan lagi. Hal itu diketahui setelah dirinya berbincang-bincang dengan Kepala Negara.

"Jadi kemarin sebelum press conference kita ngobrol sebentar. Saya ngobrol dengan Pak Presiden. Beliau menegaskan komitmen untuk pembangunan Jakarta tidak berubah, jalan terus," kata Anies di Balai Kota DKI, Jakarta Pusat, Selasa (27/8/2019).

Anies mencontohkan, pembangunan yang tetap akan dilanjutkan seperti perluasan jalur MRT, LRT, dan bus Transjakarta. Nantinya, ketiga moda transportasi itu harus saling berintegrasi dan menjangkau seluruh kawasan.

Jokowi mengumumkan lokasi ibu kota baru saat konferensi pers di Istana Negara, Jakarta, Senin (26/8/2019). (Foto : Okezone.com/Fakhrizal Fakhri)

Selain itu, kata Anies, pihaknya sedang fokus untuk menyediakan air bersih yang menjangkau 95 persen penduduk Jakarta.

"Transportasi perluasan jaringan MRT juga dengan LRT jaringan bus, itu transportasi. Kemudian air bersih, air bersih jangkauannya harus di atas 95 persen penduduk," ujarnya.


Baca Juga : Anies Ragu Pemindahan Ibu Kota Bisa Kurangi Polusi Jakarta

Anies menyebutkan, pembangunan itu ditargetkan selesai pada 2030. Kata dia, konsep pembangunannya adalah urban regeneration.

Baca Juga : Ibu Kota Negara Pindah ke Kaltim, Anies Bakal Sulap Gedung Pemerintahan Jadi RTH

"Fase pertama sampai tahun 2022, fase kedua 2022 sampai 2025, fase ketiga 2025 sampai 2030," kata Anies.

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini