nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ibu Kota Pindah, Pemerintah Siapkan Perumahan untuk ASN

Fahreza Rizky, Jurnalis · Selasa 27 Agustus 2019 16:13 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 08 27 337 2097280 ibu-kota-pindah-pemerintah-siapkan-perumahan-untuk-asn-8mqWuU8X1h.JPG Desain ibu kota baru. (Foto : Ilustrasi/Dok Kementerian PUPR)

JAKARTA - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB), Syafruddin, memastikan aparatur sipil negara (ASN) yang pindah ke ibu kota baru di Kalimantan Timur (Kaltim) akan disiapkan perumahan. Selain itu, pemerintah juga menyiapkan sarana transportasi dan fasilitas kesehatan.

"Pokoknya akan disiapkan perumahan, fasilitas kesehatan, transportasi," katanya saat jumpa pers di Kantor Wakil Presiden (Wapres), Jakarta, Selasa (27/8/2019).

Mantan Wakapolri itu mengatakan, pemindahan ASN ke ibu kota baru akan diatur Bappenas. Ia mengatakan pemindahan ibu kota di negara lainnya tidak ribet dan tidak gaduh. Karena itu, Syafruddin meminta agar pemindahan ini tidak diributkan.

"Ya kalau saya Menpan lagi, sayalah yang pertama pindah," ucapnya seraya terkekeh.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB), Syafruddin. (Foto : Okezone.com/Fahreza Rizky)

Syafruddin menambahkan, konsep ibu kota baru adalah smart and green city. Di situ semua fasilitas akan tersedia sehingga masyarakat atau ASN tidak usah khawatir.

"Semuanya akan diurus oleh negara. Tidak usah dipikirkan yang tetek bengek. Semua sudah diurus. Kota ini akan jadi green city dan smart city. Semua akan tersedia fasilitas. Rumah, kesehatan, pendidikan, transportasi, kan gampang ngaturnya kalau ibu kota baru," ucapnya.


Baca Juga : Kantor KPK Bakal Pindah ke Kalimantan Timur Lokasi Ibu Kota Baru

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah resmi memutuskan ibu kota akan dipindah ke Kalimantan Timur. Lokasi tepatnya yakni di sebagian Kutai Kartanegara dan Penajam Paser Utara (PPU).

Berdasarkan hasil kajian Bappenas, butuh sekira Rp466 triliun untuk proses pemindahan serta pembangunan ibu kota baru di Kalimantan Timur. Uang Rp466 triliun tersebut rencananya bersumber dari APBN, Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU), serta pihak swasta. (erh)


Baca Juga : Konsep Smart City Ibu Kota Baru Bikin ASN Hemat Gaji 

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini