nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Menpan-RB : ASN Tak Khawatir Ibu Kota Pindah ke Kaltim

Fahreza Rizky, Jurnalis · Selasa 27 Agustus 2019 14:04 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 08 27 337 2097198 menpan-rb-asn-tak-khawatir-ibu-kota-pindah-ke-kaltim-ERfX4yRlhV.jpg Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB), Syafruddin. (Foto : Okezone.com/Fahreza Rizky)

JAKARTA – Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB), Syafruddin, mengatakan tidak ada aparatur sipil negara (ASN) yang khawatir dengan pemindahan ibu kota ke Kalimantan Timur (Kaltim). Menurutnya, ASN sudah terikat kontrak dengan negara untuk siap ditugaskan di mana saja.

"Tidak ada kekhawatiran bagi ASN untuk berpindah ya. ASN dan aparatur negara apapun terutama aparatur hukum, TNI/Polri, atau aparatur negara itu sudah kontrak dengan negaranya," kata Syafruddin saat jumpa pers di Kantor Wakil Presiden (Wapres), Jakarta, Selasa (27/8/2019).

Mantan Wakapolri itu berujar, ada peraturan perundang-undangan yang mengatur ASN harus siap bertugas di mana saja karena telah terikat kontrak dengan negara. Karena itu, Syafruddin menegaskan tak ada kekhawatiran bagi ASN terkait pemindahan ibu kota dari DKI Jakarta ke Kaltim.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB), Syafruddin. (Foto : Okezone.com/Fahreza Rizky)

"Tidak ada satu pun negara di dunia ini manakala mengambil kebijakan akan membuat susah aparatnya atau masyarakatnya," ucap Syafruddin.

Lebih lanjut Syafruddin mengatakan, ibu kota baru akan dirancang dengan konsep smart and green city. Semua fasilitas perkantoran, pendidikan, kesehatan tersedia sehingga pemindahan ASN jadi lebih efisien.


Baca Juga : Menpan-RB: ASN yang Pindah ke Ibu Kota Baru 180 Ribu Orang  

"Paling tidak, kalau fasilitas perumahan sudah disiapkan oleh negara, tidak akan mengontrak-ngontrak rumah atau beli-beli rumah seperti sekarang," tuturnya.


Baca Juga : KPK Bakal Pantau Anggaran Pemindahan Ibu Kota Rp466 Triliun

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini