Jokowi Ingin PON 2020 di Papua Jadi Ajang Unjuk Keberagaman Indonesia

Fakhrizal Fakhri , Okezone · Senin 26 Agustus 2019 17:05 WIB
https: img.okezone.com content 2019 08 26 337 2096801 jokowi-ingin-pon-2020-di-papua-jadi-ajang-unjuk-keberagaman-indonesia-2ANr0pDm4x.jpg Presiden Jokowi (ANTARA)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menggelar rapat terbatas membahas persiapan penyelenggara Pekan Olahraga Nasional (PON) ke XX di Papua pada 2020. Jokowi ingin pesta olahraga antarprovinsi itu jadi ajang menunjukkan keberagaman Indonesia.

"Saya ingin ingatkan bahwa PON bukan hanya kompetisi olahraga semata,” ujar Jokowi dalam sambutannya saat memimpin rapat terbatas persiapan penyelenggaran PON XX Papua di Kantor Presiden Jakarta, Senin (26/8/2019)

“Namun, PON adalah arena kita bersama untuk merayakan keragaman, mempertebal semangat persaudaraan, kita sebagai bansga dan arena memperkuat persatuan dan kesatuan," sambung Kepala Negara di hadapan para menteri dan pejabat terkait.

Jokowi mengingatkan jajaran menterinya untuk mempercepat pembangunan infrastruktur pendukung PON. Mulai dari pembangunan venue, non-venue hingga kesiapan akomodasi bagi para atlet dan official.

 asian games 2018

Pembukaan Asian Games 2018 (Okezone)

"Saya minta para menteri terkait, Gubernur Papua, kita untuk terus terjun langsung memantau dan mengecek perkembangan dan persiapan di lapangan. Lakukan evaluasi secara berkala tentang masalah dan kemajuan yang sudah dicapai di lapangan," ujar Jokowi.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu juga meminta agar para menterinya untuk memikirkan agar pembangunan infrastruktur juga bisa digunakan usai penyelenggaraan PON. Ia pun tak ingin sarana dan prasarana yang dibangun menjadi tak terawat dan akhirnya rusak.

"Saya minta Pak Gubernur membuat rencana pemanfaatan sarana prasaana olahraga terutama untuk pembinaan bibit unggul anak Papua di bidang olahraga," kata Jokowi.

"Saya yakin, Tanah Papua akan lahirkan talenta-talenta yang hebat di bidang olahraga, termasuk sepakbola, atletik dan cabang lain."

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini