Gubernur Kaltim: Pemindahan Ibu Kota di Bukit Soeharto dan Samboja

Fakhrizal Fakhri , Okezone · Senin 26 Agustus 2019 16:14 WIB
https: img.okezone.com content 2019 08 26 337 2096772 gubernur-kaltim-pemindahan-ibu-kota-di-bukit-soeharto-dan-samboja-cRSs47DGGH.jpg Gubernur Kaltim, Isran Noor di Istana Negara (foto: Okezone.com/Fakhri)

JAKARTA - Gubernur Kalimantan Timur (Kaltim), Isran Noor mengungkapkan lokasi rinci ibu kota baru berada di kawasan Bukit Soeharto dan Samboja. Lokasi ini memang berada di dua wilayah yakni di Penajam Paser Putih dan Kutai Kartanegara.

"Iya (Bukit Soeharto)," kata Isran di Komplek Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (26/8/2019).

 Baca juga: Ibu Kota Pindah ke Kaltim, Pemerintah Harus Perhatikan UU

Isran bersyukur bahwa Kalimantan Timur menjadi bagian penting dalam pemindahan ibu kota. Ia menilai, masyarakat Kaltim telah berkontribusi dalam menyiapkan lahan untuk kepentingan bangsa dan negara.

"Kita pasti siap, lahannya menurut saya sudah memenuhi syarat," terangnya.

Isran menegaskan, Pemprov Kaltim akan siap mendukung dan berkordinasi dengan pemerintah pusat dalam pemindahan ibu kota baru.

 Ibu kota baru

Sementara itu Isran menerangkan, Bukit Soeharto memiliki luas lahan sekitar 68 ribu hektare. Kemudian, lokasi ibu kota baru berada di kawasan Samboja sekitar 150 ribu hektare di sebelah barat dan 55 ribu hektare pada bagian lainnya.

"Kalau ditotal jadi 230 ribu hektare," singkatnya.

 Baca juga: Pemkot Balikpapan Siap Dukung Pemindahan Ibu Kota ke Kaltim

Isran menambahkan, terdapat dua bandara bertaraf Internasional di lokasi ibu kota baru itu yakni di Samarinda dan Balikpapan.

"Kemudian ada jalan tol Samarinda dan Balikpapan dan sebaliknya. Itu juga merupakan fasilitas yang menurut saya sudah ada," tandasnya.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini