nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Korlantas Polri Bakal Luncurkan Smart SIM

Achmad Fardiansyah , Jurnalis · Senin 26 Agustus 2019 15:08 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 08 26 337 2096727 korlantas-polri-bakal-luncurkan-smart-sim-90u9QWREo2.jpg Kakorlantas Polri, Irjen Refdi Andri (foto: Okezone)

JAKARTA - Korps Lalu Lintas Kepolisian RI (Korlantas Polri) dalam waktu dekat akan meluncurkan Surat Izin Mengemudi (SIM) Pintar atau Smart SIM, pada 22 September mendatang.

Kakorlantas Polri, Irjen Refli Andri mengatakan, launching Smart SIM akan dilaksanakan bertepatan dengan Hari Lalu Lintas Bhayangkara.

"Kita akan melauncing Smart SIM. Nanti pada 22 September," ujar Refli kepada wartawan.

 korlantas

Kata Refli, Smart SIM memiliki keistimewaan dibanding dengan SIM biasa, Smart SIM memiliki cip yang berkapasitas disesuaikan untuk perekaman data.

"Jadi di dalam ini ada cip dengan kapasitas yang ditentukan, data ini bisa menyimpan semua ada nama, alamat semua ada disitu," sambungnya.

Tidak hanya itu, Smart SIM juga akan menyimpan data-data jika pemilik SIM pintar melakukan pelanggaran lalu lintas.

"Ini juga akan tertera dana, akan tertera apa saja pengguna sim ini melakukan pelanggaran, tercatat secara online real tim dan kita akan ingatkan, bahwa pengemudi telah melakukan pelanggaran dan kita evaluasi, apakah pelanggaran ringan sedang dan berat," bebernya.

 korlantas

Terakhir, Smart SIM ini juga bisa digunakan alat transaksi dengan jumlah saldo maksimal sebesar Rp2 juta.

"Ini bisa untuk pembayaran. Dengan saldo maksimal 2 juta rupiah. Kita bisa belanja di toko-toko online, tol, kereta api pokoknya semua yang menggunakan kartu elektronik kita bisa gunakan disitu. Kita kerjasama dengan BNI," tutupnya.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini