nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Wagub Sulteng: Korban Gempa & Tsunami Palu Butuh Hunian Tetap

Fakhrizal Fakhri , Jurnalis · Senin 26 Agustus 2019 13:24 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 08 26 337 2096664 wagub-sulteng-korban-gempa-tsunami-palu-butuh-hunian-tetap-wQyQm9QmEC.jpg Warga Palu saat meratpi rumahnya yang hancur pasca-gempa dan tsunami (foto: BNPB)

JAKARTA - Wakil Gubernur Sulawesi Tengah, Rusli Baco Dg Pallabi memastikan bahwa para korban gempa dan tsunami di Palu masih membutuhkan hunian tetap untuk melanjutkan hidup.

"Yang masih dibutuhkan adalah masalah tempat tinggal mereka, huntap mereka. ini yang perlu diperhatikan," kata Rusli di Komplek Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (26/8/2019).

 Baca juga: Wagub Sulteng Fokus Benahi Infrastruktur Rusak Pasca-Gempa dan Tsunami

Rusli menerangkan, para korban gempa dan tsunami itu juga masih membutuhkan biaya pendidikan, hingga kesehatan untuk masa depan generasi penerusnya.

"Banyak anak yang yatim piatu, barangkali mereka perlu dibantu oleh Pemda dan kami minta kepada seluruh perguruan tinggi di pulau Jawa supaya welcome menerima anak-anak kami mahasiswa kami untuk dilanjutkan MoU di bidang pendidikan khususnya S1 sampai dengan mereka selesaikan di S3," paparnya.

 Baca juga: Pelecehan Seksual Anak Korban Gempa & Tsunami Palu, Diintip saat Mandi hingga Percobaan Pemerkosaan

Rusli ingin pembangunan Pemprov Sulteng dilakukan dengan satu pintu. Dengan begitu, Pemprov dengan PUPR bisa berkolaborasi dengan baik.

"Kami hanya inginkan action dan kerja-kerja ini harus betul-betul instansi terkait secepatnya laksanakan hal itu. Jangan sampai masyarakat ada ketidakpastian masalah huntap mereka," sambungnya.

"Seingga mereka bisa hidup layak seperti pada saat ini. Yang terpenting adalah pemerintah pusat bnyak berkoordinasi dengan Pemda, karena seluruh bantuan ada di pusat dan kami Pemprov tinggal tunggu action kerja-kerja dari pusat melalui Kementerian PUPR," tandasnya.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini