nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

IPW Minta Pemicu Kericuhan di Papua Segera Diproses Hukum

Harits Tryan Akhmad, Jurnalis · Senin 26 Agustus 2019 04:07 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 08 26 337 2096511 ipw-minta-pemicu-kericuhan-di-papua-segera-diproses-hukum-MuV2SgwPd8.jpg Demo Masyarakat Papua (Foto: Okezone/Arief)

JAKARTA - Ketua Presidium Indonesia Police Watch (IPW) Neta S Pane meminta pemerintah melalui aparat keamanan untuk segera mencari oknum pemicu kericuhan yang terjadi di Surabaya dan Malang yang berdampak pada kerusuhan di Papua. Menurutnya pemicu tersebut harus dikenakan proses hukum yang berlaku.

“Semua pemicu kerusuhan harus diproses hukum, untuk diminta pertanggungjawabannya,” kata Neta kepada Okezone, Senin (26/8/2019).

Menurut pandanganya, pemicu kericuhan ada banyak. Mulai dari adanya dugaan oknum aparat melakukan tindakan rasis dan persekusi kepada mahasiwa Papua di Surabaya. Hingga penyebar video yang membuat masyarakat tersulut.

“Mulai dari adanya dugaan oknum aparat yang bertindak rasis mempersekusi mahasiswa, pimpinan kepolisian di Surabaya yang tidak menjalankan SOP dan masyarakat yang menjadi provokator digital yang memprovokasi warga di Papua untuk membuat rusuh,” bebernya.

Papua

Baca Juga; Menhan Duga Kelompok Bersenjata Dalangi Kerusuhan di Papua

Karena itu, menurut dia sangat penting untuk pemerintah segera mengusut semua ini agar tak kembali terulang lagi kedepannya.

“Hingga semua ini harus diusut tuntas dan diminta pertanggungjawabannya secara hukum,” tandas dia.

Sebagaimana diketahui, kerusuhan pecah di Papua dan Papua Barat dalam beberapa hari terakhir. Masyarakat tumpah ruah ke jalan untuk memprotes penangkapan dan dugaan tindakan rasisme terhadap mahasiswa asal Papua di Surabaya.

Kapolri Jenderal Tito Karnavian mengatakan, kerusuhan yang terjadi di Papua berkaitan dengan peristiwa di Malang dan Surabaya. Sementara Ketua DPR Bambang Soesatyo menduga ada "agenda besar" di balik peristiwa yang terjadi.

(edi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini