nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

BMKG: Puncak Kemarau Agustus-September, Awal Musim Hujan ‎Oktober-November ‎

Arie Dwi Satrio, Jurnalis · Minggu 25 Agustus 2019 09:30 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 08 25 337 2096291 bmkg-puncak-kemarau-agustus-september-awal-musim-hujan-8206-oktober-november-8206-4TZWn6QXPv.JPG Lahan pertanian alami kekeringan sebagai akibat musim kemarau (Foto: Okezone)

JAKARTA - Sejumlah daerah di Indonesia mulai mengalami kekeringan pada musim kemarau tahun ini. Tak hanya kekeringan, musim kemarau tahun ini juga membuat sebagian hutan dan lahan di Indonesia mengalami kebakaran.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi puncak musim kemarau akan terjadi pada bulan Agustus hingga September 2019. Sementara awal musim hujan, diprakirakan akan mulai terjadi pada awal Oktober atau pertengahan November.

"Prakiraan musim kemarau puncaknya Agustus-September, sedangkan awal musim hujan diprakirakan akhir Oktober hingga pertengahan November," kata Pelaksana Harian (Plh) Deputi Bidang Klimatologi BMKG, Nasrullah kepada Okezone, Minggu (24/8/2019).

Menurut Nasrullah, BMKG mulai menemukan sebagian ‎wilayah di Indonesia sudah mulai diguyur hujan dalam beberapa hari belakangan ini, termasuk wilayah yang rawan terjadi kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

Petani Mengairi Sawah

"Saat ini sudah ada hujan di sebagian Sumatera ‎bagian utara termasuk Aceh, sebagian Kalimantan bagian utara, sebagian Kalimantan Tengah, dan sebagian Kalimantan Timur, Sulawesi Utara dan Tengah, dan Pegunungan Jayawijaya," ucapnya.

(put)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini