nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Gerindra Minta Jokowi Terapkan Pendekatan Keadilan Terkait Persoalan Papua

Arie Dwi Satrio, Jurnalis · Minggu 25 Agustus 2019 08:05 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 08 25 337 2096288 gerindra-minta-jokowi-terapkan-pendekatan-keadilan-terkait-persoalan-papua-rNCy4k9jEc.jpg Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat Pidato Kenegaraan di Gedung Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (16/8/2019). (foto: Arif Julianto/Okezone)

JAKARTA - Ketua DPP Partai Gerindra, Sodik Mujahid meminta agar Presiden Joko Widodo (Jokowi) juga menerapkan pendekatan keadilan untuk menyelesaikan permasalahan di tanah Papua. Selain itu, ‎Jokowi juga diharapkan dapat memastikan keamanan terhadap masyarakat Papua di sejumlah daerah.

Demikian diungkapkan Sodik menanggapi langkah yang diambil Presiden Jokowi untuk menyelesaikan konflik di tanah Papua dengan mengundang sejumlah tokoh adat Papua-Papua Barat ke Istana Kepresidenan, pada pekan depan.

Baca Juga: Dalami Percekcokan Oknum TNI dan Mahasiswa Papua, Pangdam V/Brawijaya Bakal Lihat Videonya 

"Selain pendekatan sosiologis-religius, juga harus ada pendekatan keadilan politik. Serta pendekatan keamanan," kata Sodik kepada Okezone, Minggu (25/8/2019).

‎Sebelumnya, Presiden Jokowi mengaku akan mengundang para tokoh adat, masyarakat, hingga pemuka agama Papua dan Papua Barat ke Istana Kepresidenan pada pekan depan. Undangan tersebut, salah satunya untuk membahas percepatan kesejahteraan rakyat di tanah Papua.

"Mengundang para tokoh dari Papua dan Papua Barat, baik tokoh adat, tokoh masyarakat, tokoh agama ke istana, bicara masalah percepatan kesejahteraan di Tanah Papua," kata Jokowi di Istana Kepresidenan Bogor, beberapa waktu lalu.

Sekadar informasi, gelombang aksi demonstrasi dilakukan oleh hampir seluruh masyarakat Papua dalam beberapa hari belakangan ini. Aksi tersebut buntut dari adanya dugaan tindak pidana rasisme terhadap mahasiswa Papua di Malang dan Surabaya.

Baca Juga: Konflik Papua Tak Cukup dengan Minta Maaf, Kasus Hukumnya Harus Tuntas 

(fid)

Berita Terkait

papua

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini