nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Bamsoet Harap Pejabat Beralih Pakai Mobil Listrik

Fahreza Rizky, Jurnalis · Sabtu 24 Agustus 2019 19:05 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 08 24 337 2096172 bamsoet-harap-pejabat-beralih-pakai-mobil-listrik-Hnz71I7WBX.jpg Ketua DPR RI, Bambang Soesatyo (foto: Okezone)

JAKARTA - Ketua DPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) mengajak pejabat negara beralih ke mobil listrik, ketimbang ke mobil konvensional yang menggunakan bahan bakar minyak (BBM).

Hal itu diucapkan Bamsoet saat dikonfirmasi wartawan mengenai pengadaan mobil dinas baru untuk menteri dan pejabat setingkat menteri oleh pemerintah.

"Ya saya berharap mobil pejabat negara dapat migrasi ke mobil listrik. Kan pejabat harus memberi contoh ke publik. Mulai hari ini kendaraan berbahan bakar minyak harus digeser ke listrik agar lebih ramah lingkungan, polusi," kata Bamsoet di Hotel Grand Cempaka, Jakarta, Sabtu (24/8/2019).

 Baca juga: Mobil Dinas Jokowi Mercedes Benz, Para Menterinya Toyota Crown

Meski demikian, Bamsoet mengatakan bahwa pengadaan mobil dinas ini merupakan domain pemerintah. DPR, kata dia, hanya bertugas menyetujui pagu anggaran tahun 2019 yang dimintakan pemerintah.

"Sekarang tinggal pemerintah mengeksekusi apa yang menjadi kesepakatan dalam hal penggunaannya. Yang tahu ini efektif atau tidak, itu pemerintah sendiri," jelas dia.

Bamsoet sendiri mengaku tidak pernah menggunakan mobil dinasnya. Ia mengklaim mobil dinasnya disimpan di garasi rumahnya sejak dirinya dilantik sebagai Ketua DPR.

 Baca juga: Rp147 Miliar untuk Beli Mobil Menteri, Pemerintah Dinilai Boroskan Uang Rakyat

Sebagai informasi, pengadaan mobil dinas baru untuk menteri sudah dimulai pada medio Maret 2019 dan kini proses lelang tendernya sudah selesai.

Berdasarkan informasi dari laman resmi Sistem Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE), anggaran yang dibutuhkan untuk ini lebih dari Rp147 miliar. Lelang tender oleh PT Astra International Tbk-Tso.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini