nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Menhan Duga Kelompok Bersenjata Dalangi Kerusuhan di Papua

Avirista Midaada, Jurnalis · Sabtu 24 Agustus 2019 16:59 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 08 24 337 2096169 menhan-duga-kelompok-bersenjata-dalangi-kerusuhan-di-papua-HgNmQh6Lxh.jpg Menhan Ryamizard Ryacudu (Foto: Okezone.com/Avirista)

MALANG - Pasca-aksi kerusuhan di sejumlah wilayah di Papua dan Papua Barat, Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu menduga kelompok kriminal bersenjata (KKB) yang menjadi dalang di belakangnya.

Hal ini disampaikannya usai mengisi kuliah tamu bagi Mahasiswa Baru di Universitas Brawijaya (UB) Malang, pada Sabtu (24/8/2019).

"Kalau pemberontak menungganggi (aksi kerusuhan di Papua), kemungkinan iya mengambil kesempatan (berbuat rusuh) mungkin saja," ujar Ryamizard Ryacudu.

Foto: Okezone.com/Saldi hermanto

Meski demikian dirinya belum menerima adanya korban jiwa dari pihak keamanan pasca sejumlah kerusuhan maupun kontak senjata yang terjadi sepekan terakhir ini.

"Sampai sekarang saya belum ada terima laporan. Saya pastikan TNI dan polisi akan ambil tindakan untuk bisa secepatnya reda. Sudah mulai berangsur-angsur pulih," ungkapnya.

Baca Juga: Konflik di Papua, Pendekatan dengan Kearifan Budaya Harus Ditonjolkan

Namun Ryamizard Ryacudu memastikan aparat keamanan dari polisi dan TNI tak akan membiarkan kejadian itu terjadi.

Sebelumnya sejumlah wilayah di Papua bergejolak sejak Minggu malam 17 Agustus 2019. Kerusuhan diduga adanya informasi yang tidak benar mengenai perlakuan masyarakat Papua yang tinggal di Surabaya dan Malang, hingga memicu kemarahan masyarakat di Papua.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini