nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Koordinasi dengan 7 Lembaga Negara, Pansel Terima Hasil Tracking Capim KPK

Amril Amarullah, Jurnalis · Sabtu 24 Agustus 2019 16:36 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 08 24 337 2096160 koordinasi-dengan-7-lembaga-negara-pansel-terima-hasil-tracking-capim-kpk-s7KPSvd24R.jpg Ilustrasi Gedung KPK (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Panitia Seleksi (Pansel) calon pimpinan (Capim) KPK menyatakan telah menerima hasil tracking pada tahapan profile assessmen. Menurut Anggota Pansel KPK 2019, Hendardi hasil tracking tersebut bukan hanya dilakukan oleh KPK, namun juga hasil koordinasi dengan 7 lembaga negara.

Tujuh lembaga negara tersebut diantaranya, Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT), Badan Narkotika Nasional (BNN), Polri, Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK), Badan Intelijen Negara (BIN), Dirjen Pajak dan Mahkamah Agung (MA).

"Semua masukan tracking tersebut dan juga masukan masyarakat melalui email, surat dan lain-lain, kami pelajari, klarifikasi serta re-check kembali," jelas Hendardi dalam keterangan tertulis yang diterima Okezone, Sabtu (24/8/2019).

Ilustrasi KPK

Tracking dan masukan-masukan itu, jelas Hendardi, ada yang berkategori kebenaran, atau masih indikasi atau sudah/belum berkekuatan pasti.

"Semua itu kami klarifikasi terhadap pihak yang menyampaikan tracking dari lembaga-lembaga tersebut. Jadi jika lembaga seperti KPK menyampaikan tracking itu belum tentu semua memiliki kategori kebenaran atau kepastian hukum. Bisa berupa indikasi yang nantinya dapat diperdalam dalam tahapan seleksi berikutnya. Jika temuan merupakan kebenaran atau berkekuatan hukum tentu tidak kami toleransi," jelasnya.

Baca Juga: 20 Calon Pimpinan KPK Lolos Seleksi Profile Assessment

KPK mempersilakan masyarakat untuk memberi masukan hasil tracking secara terbuka, namun yang perlu diingat, jelas Hendardi, hasil tracking itu belum merupakan kebenaran/punya kepastian hukum.

"Pansel mengucapkan terimakasih kepada KPK dan lembaga-lembaga negara lain yang telah membantu Pansel memberikan tracking terhadap 40 capim hasil seleksi Pansel. Demikian pula dengan masukan-masukan unsur-unsur masyarakat," tandasnya.

(kha)

Berita Terkait

Pansel KPK

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini