nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Memberi Uang ke Pengemis di Jakarta Ternyata Ada Sanksinya

Fadel Prayoga, Jurnalis · Sabtu 24 Agustus 2019 13:30 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 08 23 337 2095941 memberi-uang-ke-pengemis-di-jakarta-ternyata-ada-sanksinya-VK2VRxQKuE.jpg

KEPALA Bidang Perlindungan Masyarakat Satpol PP DKI Jakarta, Atok Baroni Hidayat mengatakan, pihaknya tak akan kecolongan meski kini para pengemis kerap kali melakukan penyamaran saat meminta-minta di jalanan Ibu Kota.

Ia menyebut, seluruh petugas Satpol PP selalu memonitor daerah-daerah yang rawan dijadikan titik mangkal para pengemis tersebut. Sehingga, aksinya selalu terendus oleh personel di lapangan.

"Enggak mungkin kecolongan, karena kita sudah paham betul lingkungan dan tiap hari mereka pasti memonitor," kata Atok kepada Okezone, beberapa waktu lalu.

Pengemis itu biasanya melakukan kedok dengan cara menyamar sebagai pemulung. Kata dia, mereka cerdik dengan menggunakan karung dan gerobak layaknya seseorang yang memunguti sampah atau barang bekas di jalanan.

Infografis Pengemis (Foto: Okezone)

"Kalau biasanya model pemulung, manusia gerobak, penjual tisu, biasanya agak lebih cerdik," ujarnya.

Lelaki yang juga menjabat sebagai Plh Kasatpol PP Jakarta Timur menyatakan bahwa wilayahnya itu berada di daerah Kramat Jati dan Jatinegara. Hal tersebut karena dua kawasan itu ramai aktivitas.

"Mereka kan lebih kepada wilayah yang banyak aktivitas. Kita tiap hari monitor dan selalu melaporkan," ujarnya.

Atok mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk tak memberikan uang ke pengemis yang melakukan penyamaran maupun secara terang-terangan meminta-minta uang. Sebab itu akan selalu membuat mereka ketagihan untuk kembali mengemis.

Berdasarkan aturan dalam Peraturan Daerah (Perda) No.8 tahun 2007 tentang Ketertiban Umum. Pada Pasal 40 Perda No.8/2007, diatur, setiap orang atau badan dilarang, menyuruh orang lain untuk menjadi pengemis, pengamen, pedagang asongan, dan pengelap mobil. Sanksinya pun merupakan sanksi sosial agar dapat efek jera.

"Jadi imbauannya sebaiknya mereka (pengemis) tidak diberikan uang karena mereka akan kena sanksi," kata dia.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini