nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

KPK Beri Catatan Terkait 20 Nama yang Lolos Tes Profile Assessment

Muhamad Rizky, Jurnalis · Jum'at 23 Agustus 2019 21:21 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 08 23 337 2095930 kpk-beri-catatan-terkait-20-nama-yang-lolos-tes-profile-assessment-XLPsprVcYV.jpg Gedung KPK (Foto: Okezone)

JAKARTA - Juru Bicara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Febri Diansyah mengatakan dari 20 calon pimpinan KPK yang lolos seleksi tes profil assessment memiliki rekam jejak yang cukup baik. Namun ada sejumlah calon yang memiliki catatan buruk.

"Seperti tidak patuh dalam pelaporan Laporan Hasil Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN), dugaan penerimaan gratifikasi, dugaan perbuatan lain yang pernah menghambat kerja KPK, dan dugaan pelanggaran etik saat bekerja di KPK," kata Febri di KPK, Jumat (23/8/2019).

Namun demikian Febri tidak merinci siapa saja dan unsur mana saja yang tidak mematuhi aturan tersebut.

"Untuk kepatuhan pelaporan periodik 2018 yang wajib dilaporkan dalam rentang waktu 1 Januari-31 Maret 2019 yakni lapor tepat waktu sebanyak 9 orang yang merupakan pegawai dari unsur KPK, Polri, Kejaksaan, BPK, mantan LPSK, Dekan, Kementerian Keuangan," ungkapnya.

KPK

Bacqa Juga: Akademisi Nilai Pansel Sudah Bekerja Independen Jaring Capim KPK

"Terlambat melaporkan sebanyak 5 orang yang merupakan pegawai dari unsur Polri, Kejaksaan, Seskab. Tidak pernah melaporkan sebanyak 2 orang yang merupakan pegawai dari unsur Polri dan Karyawan BUMN," sambung Febri.

Febri melanjutkan, pihaknya akan kembali membahas rencana lanjutan penelusuran rekam jejak setelah Pansel KPK mengumumkan 20 nama yang lolos tes tersebut.

"Kami juga mengajak masyarakat yang selama ini menjaga dan merawat KPK agar terlibat aktif mengawal proses seleksi ini. Jika ada informasi atau laporan yang dapat ditindaklanjuti, silakan disampaikan ke KPK melalui email: pengaduan@kpk.go.id atau melalui Call Center KPK 198," tukasnya.

(edi)

Berita Terkait

KPK

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini