nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Budaya Kemiskinan dan Transformasi "Jualan Iba" di Ibu Kota

Harits Tryan Akhmad, Jurnalis · Sabtu 24 Agustus 2019 11:28 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 08 23 337 2095913 budaya-kemiskinan-dan-transformasi-jualan-iba-di-ibu-kota-hSky2GT99v.jpg Ilustrasi (Foto: Dokumentasi Okezone)

PENGEMIS kini mulai bertransformasi dengan berbagai cara untuk menghindari razia oleh petugas Satpol PP. Mereka menyamar sebagai pemulung ataupun berjualan dengan modus memaksa untuk mendapatkan uang.

Pengamat sosial Rissalwan Habdy Lubis menyatakan, maraknya pengemis di Ibu Kota karena budaya kemisikanan masih kental. Sehingga mereka ingin mencari uang dengan menggunakan cara yang mudah.

"Artinya secara mental mereka sudah menggunakan unsur kreativitas untuk hal yang negatif, tanpa mau berusaha untuk hal yang positif. Pola ini dapat dikatakan sebagai budaya kemiskinan," kata Rissalwan kepada Okezone belum lama ini.

Dia menyebut masalah sosial seperti pengemis adalah sebuah hal yang tidak diciptakan dan sulit dihilangkan.

Infografis Pengemis (Foto: Okezone)

"Dengan perspektif tersebut, pengemis (sebagai tesis) yang berinteraksi dengan razia petugas (antitesis) akan selalu membuat sintesis baru berupa modus dan pola meminta belas kasihan di ruang publik," ujar Rissalwan.

Di sisi lain, Rissalwan mengutarakan belum adanya program CSR yang tepat bagi warga kurang mampu merupakan salah satu faktor maraknya penyakit sosial ini.

"Jika selama ini hanya berfokus pada pengemis dan petugas, akibatnya ya kucing-kucingan dan kreasi modus pengemis. Sementara membatasi rasa belas kasihan publik dengan menerapkan denda kepada orang yang memberi kepada pengemis adalah tindakan yang kurang bijak," tutur dia

"Idealnya hal dilakukan adalah pelembagaan altruisme sosial publik melalui berbagai kampanye dan mengefektifkan lembaga penyaluran bantuan sosial kpd kelompok pengemis dan homeless," dia menambahkan. (kha)

(wal)

Berita Terkait

Liputan Khusus

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini