nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Teringat Amanat Gus Dur, Shinta Nuriyah: Warga Papua Harus Diperlakukan Setara

Sarah Hutagaol, Jurnalis · Jum'at 23 Agustus 2019 19:25 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 08 23 337 2095840 teringat-amanat-gus-dur-shinta-nuriyah-warga-papua-harus-diperlakukan-setara-MBubVw9sc3.JPG Shinta Nuriyah Wahid bersama jajaran anggota Gerakan Suluh Kebangsaan melakukan konferensi pers di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta (Foto: Sarah Hutagaol/Okezone)

JAKARTA - Istri Presiden RI keempat, almarhum KH Abdurrahman Wahid, Shinta Nuriyah Wahid menyayangkan tindak diskriminatif bernuansa rasis yang menyerang masyarakat Papua belum lama ini. Aksi itu berujung pada kerusuhan di Papua dan Papua Barat.

"Kami enggak pernah memandang perbedaan warna kulit, betuk tubuh maupun tampilan fisik. Perasaan kami, terhadap sesama warga bangsa melampaui sekat-sekat apapun," ucap Shinta bersama Gerakan Suluh Kebangsaan, di Grand Sahid Jaya, Jakarta Pusat, Jumat (23/8/2019).

Shinta melanjutkan bahwa serangan rasisme terhadap warga Papua sangat melukai hatinya. Oleh sebab itu, ia turut berempati atas rasisme yang menyerang masyarakat Papua.

Mengenai persoalan yang menimpa Papua, Shinta juga teringat amanat Gus Dur yang harus memperlakukan Papua setara dengan daerah-daerah lainnya di Indonesia dan tidak sedikitpun membedakan mereka.

"Saya masih ingat amanat Gus Dur yang menyatakan bahwa warga Papua adalah bagian dari bangsa Indonesia yang harus kita lakukan setara dengan warga bangsa lainnya. Enggak ada alasan sedikit pun bagi bangsa ini untuk membedakan mereka, apalagi mempresekusi dan melecehakanya," tutur Shinta.

Aksi Demo Warga Papua

Untuk menyelesaikan masalah itu, dirinya mendorong pemerintah agar serius mencari solusi atas kasus rasisme yang dialami warga Papua, dan menindak tegas para pelaku yang mencoba merusak persatuan dan persaudaraan antar anak bangsa.

"Semoga apa yang terjadi menjadi pelajaran bagi kita semua, kami menyayangi Papua dan kami akan terus bersama rakyat Papua," tuntasnya.

(put)

Berita Terkait

papua

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini