Amien Rais Minta Jokowi Tunda Pemindahan Ibu Kota & Prioritaskan Masalah Papua

Fakhrizal Fakhri , Okezone · Jum'at 23 Agustus 2019 18:41 WIB
https: img.okezone.com content 2019 08 23 337 2095818 amien-rais-minta-jokowi-tunda-pemindahan-ibu-kota-prioritaskan-masalah-papua-pD5lCRjwjl.JPG Ketua Dewan Kehormatan PAN, Amien Rais saat menghadiri HUT ke-21 PAN di Jakarta Utara (Foto: Fakhrizal Fakhri/Okezone)

JAKARTA - Ketua Dewan Kehormatan Partai Amanat Nasional (PAN), Amien Rais meminta Presiden Joko Widodo (Jokowi) menunda rencana pemindahan ibu kota ke Kalimantan. Menurutnya, saat ini pemerintah sejatinya lebih fokus pada penyelesaian masalah di Papua.

"Ini masih ditunda-tunda untuk sementara waktu ya, tetapi yang lebih mendesak saya katakan kejadian di Sorong, di Fakfak, di Manokwari dan lain-lain, di mana saudara kita Papua itu memang melampiaskam amarahnya," kata Amien Rais saat menghadiri HUT ke-21 PAN di Jembatan 3, Jakarta Utara, Jumat (23/8/2019).

Mantan Ketua MPR itu mengingatkan bahwa insiden kerusuhan di Papua dan Papua Barat juga diduga tak luput dari campur tangan asing. Di samping memang amarah warga Papua yang tersulut lantaran mendapat perlakuan rasis dari oknum warga di Pulau Jawa kepada mahasiswa asal bumi cenderawasih itu.

"Itu saya sangat paham karena di Papua itu yang dirasakan oleh rakyat Papua itu pertama ekologi mereka dihancurkan. Jadi itu semacam distruction, luar biasa permasalahan dari waktu ke waktu itu kan diabaikan tidak pernah diurus dengan sungguh-sungguh," tuturnya.

Kerusuhan di Manokwari

"Nah, kemudian sekarang ditambah lagi dikatakan monyet dan lain-lain ya, jadi sudahlah menurut saya kita jangan sampai salah jalan," katanya menambahkan.

Amein Rais juga mendorong agar pemerintah melakukan pendekatan komprehensif melalui pendekatan sosial dan budaya. Dirinya memastikan bahwa warga Papua mempunyai hati nurani dan karakter pemaaf.

"Kita itu sederajat jangan main-main. Jadi, saya kira enggak salah maksud, jadi saya betul-betul paham bahwa yang namanya Papua itu hampir tiga kali Pulau Jawa besarnya itu. Jadi, hati-hati Pak Jokowi jangan kemaruk punya ibu kota, jangan. Pemindahan ibu kota bisa ditunda tapi persoalan Papua jangan," pungkasnya.

(put)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini