nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pansel Serahkan 10 Capim KPK ke Jokowi pada 2 September

Fakhrizal Fakhri , Jurnalis · Jum'at 23 Agustus 2019 16:23 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 08 23 337 2095760 pansel-serahkan-10-capim-kpk-ke-jokowi-pada-2-september-TDxXXPUrNO.JPG Anggota Pansel Capim KPK, Hendardi. (Foto : Dok Okezone)

JAKARTA – Panitia Seleksi Calon Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (Pansel Capim KPK) menargetkan menyerahkan 10 nama capim ke Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada 2 September 2019.

Anggota Pansel Capim KPK, Hendardi mengatakan, 20 nama capim KPK yang telah lolos seleksi profile assessment akan terlebih dahulu menjalani pemeriksaan kesehatan pada 26 Agustus 2019. Kemudian sehari selanjutnya, 20 Capim KPK itu akan menjalani tes wawancara oleh pansel.

"Wawancara tanggal 27, 28, dan 29. Lalu kami rapat habis itu, ada waktu kami pertemuan. Mudah-mudahan kami berharap 2 September sudah bisa kami serahkan pada presiden 10 nama (capim KPK-red)," kata Hendardi di Gedung Sekretariat Negara (Setneg), Jakarta, Jumat (23/8/2019).

Gedung KPK. (Foto : Dok Okezone)

Hendardi menerangkan, selanjutnya Presiden Jokowi akan langsung menggelar konferensi pers untuk mengumumkan 10 nama calon capim KPK itu, sebelum diserahkan ke DPR.

"Jadi (kita-red) enggak usah ada konpres, Presiden nanti yang umumkan 10 nama, lalu kirim ke DPR. tinggal proses di DPR untuk milih menjadi lima," ujarnya.


Baca Juga : 20 Calon Pimpinan KPK Lolos Seleksi Profile Assessment

Ia menerangkan, DPR akan melakukan fit and proper test dan uji publik kepada 10 nama Capim KPK sebelum memutuskan menjadi lima nama yang nantinya menjabat sebagai komisioner KPK.

"Karena DPR kan wakil rakyat. Kami membantu di awal dengan wawancara dan uji publik tiga hari itu. Tapi nanti secara lebih detail ini di DPR," tuturnya.


Baca Juga : IPW: Tak Perlu Panik Jika Ada Jenderal Polisi Jadi Pimpinan KPK

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini