nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kelompok Bersenjata Dinilai Terganggu Pembangunan Jokowi di Papua

Fakhrizal Fakhri , Jurnalis · Kamis 22 Agustus 2019 19:25 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 08 22 337 2095407 kelompok-bersenjata-dinilai-terganggu-pembangunan-jokowi-di-papua-kGWwMq3lwF.jpg Moeldoko (Foto: Okezone)

JAKARTA - Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko menyebut kelompok bersenjata di Papua terganggu dengan pembangunan yang dilakukan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Tanah Cendrawasih.

Menurut dia, pembangunan Papua membuat masyarakatnya semakin sejahtera. Sehingga, kelompok bersenjata dan poros politik yang ingin Papua referendum merasa terganggu.

"Ada kelompok-kelompok tertentu baik itu pergerakan poros bersenjata maupun pergerakan poros politik. Itu justru merasa terganggu dan ada kecemasan yang nyata," kata Moeldoko di Komplek Istana Kepresidenan Jakarta, Kamis (22/8/2019).

Menurut dia, kelompok bersenjata merasa terganggu atas meningkatnya kesejahteraan dan perkembangan infrastruktur digenjot pemerintah. Pasalnya, apabila hal tersebut terjadi maka pengaruh kelompok bersenjata terhadap masyarakat Papua akan berkurang.

"Juga demikian terhadap kelompok poros politik, begitu melihat Papua maju maka dia enggak ada alasan lagi untuk jualan bahwa masyarakat papua termarjinal. Enggak ada lagi," jelas mantan Panglima TNI itu.

Papua

Baca juga: BIN Kantongi Aktor Intelektual Kerusuhan Papua

Menurut dia, kelompok tersebut kerap kali menganggu pengerjaan infrastruktur pembangunanan yang dikerjakan oleh pemerintah. Ia pun menilai dua kelompok ini tak senang apabila masyarakat di Papua hidup sejahtera.

"Untuk itu saya bisa mengatakan, ada kecemasan yang nyata atas perubahan Papua yang menuju ke baik karena pembangunan yang telah dilancarkan Pak Jokowi yang luar biasa," tutur Moeldoko.

(edi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini