nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Konflik Papua, Mahfud MD: Bersatu Dulu, Jangan Targetkan Siapa Salah

Taufik Budi, Jurnalis · Kamis 22 Agustus 2019 21:31 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 08 22 337 2095397 konflik-papua-mahfud-md-bersatu-dulu-jangan-targetkan-siapa-salah-omaF7qdJAN.jpg Mahfud MD (Foto: Okezone/Taufik Budi)

SEMARANG – Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Mahfud MD menyatakan keprihatinannya atas konflik yang terjadi di Papua. Masyarakat diminta untuk menahan diri dan tidak saling menuding pihak yang dianggap bersalah.

“Saya harap semua bisa menahan diri dan tujuannya harus bersatu,” kata Mahfud MD usai menjadi pembicara dalam Seminar Nasional “Pendidikan Bangsa dalam Menyiapkan SDM Indonesia Menghadapi Revolusi Industri 4.0” di Kota Semarang Jawa Tengah, Kamis (22/8/2019).

“Jangan dulu menargetkan siapa yang salah dan siapa yang benar tidak usah dulu. Bersatu dulu soal salah benar nanti,” tegas dia.

Mahfud MD

Mahfud menyebut tidak semua konflik harus berakhir melalui proses hukum. Terlebih, masyarakat juga memiliki kearifan lokal masing-masing yang diharapkan bisa menjadi solusi untuk mengakhiri permasalahan.

“Kan hukum itu ada tiga dimensi. Satu kepastian, itu harus ditindak kalau ada pelanggarannya. Kedua keadilan, keadilan harus ditindak, yang ketiga kemanfaatan,” tandasnya.

Baca Juga: BIN Kantongi Aktor Intelektual Kerusuhan Papua

“Di saat bisa (hukum) pasti, tapi kalau tidak bermanfaat bagi negara dan bangsa dicarikan jalan keluar tanpa hukum tapi jalan politik, jalan sosial budaya, dan keagamaan serta kearifan masyarakat kita,” pungkasnya.

Caption: Mantan Ketua MK Mahfud MD usai menghadiri Seminar Nasional “Pendidikan Bangsa dalam Menyiapkan SDM Indonesia Menghadapi Revolusi Industri 4.0” di Kota Semarang Jawa Tengah, Kamis (22/8/2019). TAUFIK BUDI

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini