nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jokowi Undang Tokoh Papua dan Papua Barat ke Istana Pekan Depan

Fakhrizal Fakhri , Jurnalis · Kamis 22 Agustus 2019 18:35 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 08 22 337 2095377 jokowi-undang-tokoh-papua-dan-papua-barat-ke-istana-pekan-depan-2YqKjxVAbZ.JPG Presiden Jokowi menyampaikan pernyataan pers di Istana Bogor (Foto: Fakhrizal Fakhri/Okezone)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan mengundang para tokoh agama dan tokoh adat di Papua dan Papua Barat setelah adanya insiden demonstrasi masyarakat Papua yang berujung kerusakan sejumlah fasilitas umum di Tanah Cendrawasih.

Jokowi juga akan mengundang para tokoh Papua itu untuk membahas percepatan kesejahteraan di Papua. Rencananya, pertemuan Jokowi dan tokoh Papua akan berlangsung pekan depan.

"Minggu depan saya juga akan mengundang para tokoh dari Papua dan Papua Barat baik tokoh adat, tokoh masyarakat, tokoh agama untuk datang ke Istana berbicara masalah percepatan kesejahteraan di tanah Papua," kata Jokowi di Istana Bogor, Jawa Barat, Kamis (22/8/2019).

Seperti diketahui, masyarakat Papua dan Papua Barat turun ke jalan untuk protes terhadap diskriminasi yang diterima mahasiswa Papua yang ada di Pulau Jawa.

Para mahasiswa tersebut diketahui mendapat serangkaian kata-kata rasis dari warga dan oknum aparat. Bahkan, asrama mahasiswa Papua di Surabaya sampai dikepung warga. Warga yang ada di Manokwari, Jayapura, dan Fakfak diketahui juga melakukan serangkaian pengrusakan terhadap fasilitas umum, Bandara DEO, hingga Lapas Sorong dibakar.

Aksi Warga Papua

Presiden Jokowi juga memastikan bahwa situasi dan perkembangun terbaru soal insiden kerusuhan yang ada di Papua dan Papua Barat. Dia menegaskan, situasi di Papua dan Papua Barat telah kondusif dan aktivitas telah berjalan normal.

"Saya terus mengikuti perkembangan yang ada di tanah Papua. Dan alhamdulillah situasi sudah berjalan normal kembali," ujar Jokowi.

(put)

Berita Terkait

papua

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini