nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Soal Pemekaran Bogor Raya, Mendagri: Itu Masih Wacana

Arie Dwi Satrio, Jurnalis · Kamis 22 Agustus 2019 18:20 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 08 22 337 2095371 soal-pemekaran-bogor-raya-mendagri-itu-masih-wacana-Ou6LzLGQjC.jpg Mendagri, Tjahjo Kumolo (foto: Okezone)

JAKARTA - Wali Kota Bogor, Bima Arya menggulirkan wacana pembentukan provinsi baru dengan nama Bogor Raya. Usulan tersebut berencana menjadikan Bogor Raya sebagai Provinsi di luar dari Jawa Barat (Jabar).

Merespon hal tersebut, Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tjahjo Kumolo menegaskan bahwa usulan tersebut masih berupa wacana. Sebab, Kemendagri sedang moratorium (penundaan sementara) terkait sejumlah masukan pemekaran daerah.

"Itu masih wacana wali kota, karena sampai sekarang ini sudah moratorium," kata Tjahjo saat menyambangi kantor Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Kamis (22/8/2019).

 Baca juga: Ketua DPRD Depok Pilih Wacana Pembentukan Bogor Raya


Baca juga: Depok Ingin Gabung Jakarta, Anggota DPRD DKI: Selamat Datang!

Tjahjo mengaku hingga saat ini sudah ada 314 aspirasi yang masuk ke Kemendagri untuk meminta otonomi daerah baru. Namun, menurut Tjahjo, masukan tersebut belum dapat diterima karena Indonesia sudah memiliki 514 daerah.

"Sudah 314 aspirasi masyarakat, aspirasi tokoh masyarakat, aspirasi daerah, yang minta daerah otonomi baru, sudah 314 baik provinsi maupun kabupaten kota. kan engga mungkin itu, sekarang udah 514 kabupaten kota, masa mau ditambah lagi 500 lagi," ujarnya.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini