nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Wapres JK: Kita Boleh Beda tapi Jangan Saling Menyalahkan

Fakhrizal Fakhri , Jurnalis · Kamis 22 Agustus 2019 15:12 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 08 22 337 2095273 wapres-jk-kita-boleh-beda-tapi-jangan-saling-menyalahkan-MTtkNmWAHb.jpg Wakil Presiden, Jusuf Kalla (Foto: Okezone)

JAKARTA - Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) meminta para pemuka agama menyampaikam dakwahnya dengan cara damai. Ia pun menekan para ustaz agar menjadikan Indonesia sebagai negeri yang memberikan rahmat bagi semesta alam.

"Harus menjadikan seluruh negeri ini rahmatan lilalamin. Dengan dakwah seperti itu. Jangan dengan dakwah menyebabkan perselisihan dan menyebabkan berbeda pandangan," kata JK di Masjid Istiqlal, Jakarta, Kamis (22/8/2019).

JK menjelaskan bahwa bangsa Indonesia memiliki keberagaman etnis dan agama. Perbedaan itu, sambung dia, tak boleh menjadikan anak bangsa saling menyalahkan.

Baca Juga: Soal Tudingan Penodaan Simbol Agama, UAS: Saya Tak Perlu Minta Maaf

Ia pun menilai setiap pendakwah akan menyampaikan keyakinannya saat menyampaikan ajaran agamanya kepada jamaahnya. Namun, JK ingin agar ajaran agama itu tidak disebarkan sehingga tak jadi melebar yang berpotensi menjadi persoalaan bagi penganut agama lain.

Abdul Somad

"Kita boleh berbeda sikap tapi kita tidak boleh saling menyalahkan satu sama lain. Boleh pasti berbeda tidak mungkin sama, pasti berbeda memang yang kemarin itu momennya bagaimana. Momennya di mana, otomatis memang masing-masing orang berbicara pasti bicara tentang keyakinannya," sambung JK.

"Tidak mungkin sama, cuma bagaimana dakwah itu selain itu jangan jadi melebar. Jangan sering tabrakan," tandasnya.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini