nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sandiaga: Kesejahteraan Masyarakat Lebih Penting Dibanding Pindah Ibu Kota

Muhamad Rizky, Jurnalis · Kamis 22 Agustus 2019 13:33 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 08 22 337 2095221 sandiaga-kesejahteraan-masyarakat-lebih-penting-dibanding-pindah-ibu-kota-F1sCHdL708.jpg Sandiaga Uno (foto: Okezone)

JAKARTA - Sandiaga Solahudin Uno meminta pemerintah untuk lebih memberikan prioritas kepada persoalan peningkatan ekonomi, dan kesejahteraan masyarakat dibandingkan dengan wacana pemindahan ibu kota.

"Harusnya yang lebih kita prioritaskan ihwal ekonomi dan kesejahteraan masyarakat, (dibanding pemindahan ibu kota)," kata Sandi saat menghadiri diskusi di Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (22/8/2019).

 Baca juga: Gerindra Prediksi Pemindahan Ibu Kota Terealisasi 10 Tahun Mendatang

Sandi mengatakan, berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) saat ini di Provinsi Papua menunjukkan angka yang memperihatinkan. Terjadi peningkatan kemiskinan hampir 60 ribu orang dari tahun 2014 hingga 2018.

"Sebuah daerah yang sangat kaya terhadap sumber daya alamnya ternyata mengalami degradasi dari tingkat kemiskinan," ungkapnya.

 Baca juga: Fahri Hamzah: Perpindahan Ibu Kota Itu Tak Masuk Akal!

Sandi mengungkapkan, jumlah penduduk miskin di Provinsi Papua 8 kali lipat lebih banyak dibandingkan dengan DKI Jakarta. Menurutnya disparitas yang tinggi tersebut menyebabkan kecemburuan di daerah sehingga berpotensi menimbulkan konflik.

"Terang aja orang marah lah, negeri yang sangat kaya raya ini tadi, apalagi baru di akuisisi tadi katanya aset terbesarnya itu, (tapi) tingkat kemiskinannya 8 kali lipat dari kita disini," bebernya.

Bahkan kata Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta itu mengatakan, Provinsi Papua masuk dalam 2 provinsi termiskin di Indonesia.

"Yaitu Papua hampir 28 persen, Papua Barat hampir 23 persen. Jadi Papua ini butuh perhatian kita, kita ingin rangkul, kesejahteraannya di nomor satukan, pendidikan itu akan menjadi prioritas kita. Ini yang harus kita fokuskan kedepan," ungkapnya. (wal)

(amr)

Berita Terkait

Ibu kota pindah

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini