nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mendagri Datangi KPK, Bahas Pemanfaatan NIK untuk Pemberian Bantuan Sosial

Arie Dwi Satrio, Jurnalis · Kamis 22 Agustus 2019 13:20 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 08 22 337 2095210 mendagri-datangi-kpk-bahas-pemanfaatan-nik-untuk-pemberian-bantuan-sosial-DxoMH6X4Lo.jpg Mendagri, Tjahjo Kumolo saat di KPK (foto: Arie/Okezone)

JAKARTA - Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tjahjo Kumolo menyambangi kantor Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), di Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan pada siang ini. Kedatangannya untuk membahas pemanfaatan Nomor Induk Kependudukan (NIK) untuk perbaikan basis data pemberian bantuan sosial.

"Bahas ‎nomor induk kependudukan dimana yang mengelola adalah Kemendagri dan Dukcapil," kata Tjahjo di Gedung Merah Putih KPK, Kamis (22/8/2019).

Tak hanya membahas soal pemanfaatan NIK, Tjahjo juga mengaku akan membicarakan soal koordinasi antar lembaga atau kementerian soal bantuan sosial. Tjahjo akan menjelaskan secara detail hasil pembahasan setelah dilakukan pertemuan dengan pihak KPK.

"Kemudian akan ada beberapa presentasi-presentasi menyangkut juga seberapa jauh berkordinasi dengan kementerian dan lembaga," ucapnya.

 mendagri

‎Menurut Tjahjo, Kemendagri hanya menerima dan menghadiri undangan KPK pada hari ini. Dalam hal ini, kata Tjahjo, KPK melakukan fungsi pencegahan agar dana bantuan sosial tersebut tidak menyimpang.

"Mungkin ada pertanyaan kenapa KPK ikut memonitor? Saya kira wajar ini karena menyangkut uang negara, menyangkut bantuan bantuan sosial atau menyangkut beberapa hal-hal," ujarnya.

Disisi lain, Juru Bicara KPK, Febri Diansyah juga menyatakan hal yang sama. Kata Febri, pihaknya mengundang Mendagri dan Mensos untuk membahas pencegahan tentang pemanfaatan NIK untuk perbaikan basis data pemberian bantuan sosial.

"Ini merupakan bagian dari kerja pencegahan korupsi agar lebih dirasakan manfatnya bagi masyarakat, terutama penerima bantuan sosial," ucap Febri saat dikonfirmasi.

(wal)

Berita Terkait

KPK

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini