nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Soal Ibu Kota Pindah, Sandiaga: Santai Aja Bro

Muhamad Rizky, Jurnalis · Kamis 22 Agustus 2019 13:13 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 08 22 337 2095205 soal-ibu-kota-pindah-sandiaga-santai-aja-bro-0RmrEkE1gC.jpg Sandiaga Uno

JAKARTA - Sandiaga Salahudin Uno meminta masyarakat untuk tidak meributkan perihal wacana pemindahan ibu kota dari Jakarta ke Kalimantan. Wacana itu disampaikan Presiden Joko Widodo atau Jokowi dalam pidatonya di sidang tahunan MPR, DPR, dan DPD RI.

Menurut pasangan Prabowo Subianto pada Pilpres 2019 ini, masyarakat jangan dulu berpolemik pada tataran setuju atau tidak soal pemindahan ibu kota, sebab dalam nota keuangan yang disampaikan presiden tidak ada yang berkaitan langsung dengan pemindahan ibukota.

"Jadi nyantai aja bro, ini belum dianggarin. Jangan dulu bilang gue setuju, enggak setuju. Lu liat, belum ada anggaran sama sekali, buat apa kita repot meributkan," kata Sandi saat menghadiri diskusi di Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (22/8/2019).

Sandiaga Uno dalam sebuah diskusi di bilangan Menteng (Foto: Rizky/Okezone)

Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta itu juga mengaku sudah menanyakan langsung ke Menteri Keuangan Sri Mulyani terkait anggaran pemindahan ibu kota. Namun kata dia Menkeu pun belum ada target untuk menjawab wacana tersebut.

"Bu Menteri Keuangan Sri Mulyani bilang, sempat mengkonfirmasi juga, bahwa pemindahan ibu kota itu masih rencana tidak masuk APBN 2020," tuturnya.

Lebih jauh Sandi mengungkapkan, sebelum wacana pemindahan ibu kota bergulir dan di setujui atau tidak, penting dipahami adalah kenapa ibu kota harus dipindah. Menurutnya gagasan tersebut harus dikaji bersama sehingga menemukan solusi yang tepat.

"Jadi pemindahan ibu kota ini bukan hanya soal perpindahan secara fisik, bukan soal lahan, seperti mau pindah gedung kantor, bukan. Tapi ini adalah pemikiran yang sangat strategis yang mestinya menjadi tugas dan hak setiap warga negara untuk membahas dan menyampaiakan pandangan," ungkapnya.

Baca Juga: Anggaran Mobil Menteri Ratusan Miliar, HNW: Yang Ada Masih Memadai

Bahkan, tambah dia, seluruh masyarakat di Indonesia harus mengetahui rencana pemindahan tersebut melalui diskusi yang matang. Sebab penting bagi masyarakat untuk turut berperan apakah wacana itu tepat untuk dilakukan.

"Nah, ini yang harus kita garis bawahi persiapannya harus matang, pembiayaannya seperti apa, lapangan kerja nanti yang diciptakan untuk siapa, bagaimana dampak terhadap ekonomi keluarga atau sehari-hari, bagaimana analisanya, pembahasannya siapa saja yang dilibatkan," terangnya.

"Semua msyarakat harus ikut serta dalam pembahasan ini. Karena iniguna untuk mendorong aktivitas ekonomi masyarakat juga. Dan saya ingin menegaskan bahwa ini tidak prioritas. Jangan terlalu banyak diperbicarakan karena masih banyak masalah-masalah yang sangat esensial," tukasnya.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini