nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kepala BNPB: 90 Persen Penyebab Karhutla Ulah Manusia

Fakhrizal Fakhri , Jurnalis · Rabu 21 Agustus 2019 15:31 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 08 21 337 2094814 kepala-bnpb-90-persen-penyebab-karhutla-ulah-manusia-Y1Gvr1HLgp.JPG Kepala BNPB, Doni Monardo (Foto: Okezone)

JAKARTA - Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Letjen TNI Doni Monardo menyatakan bahwa 90% penyebab kebakaran hutan dan lahan (karhutla) akibat ulah manusia. Kesimpulan ini, lanjut dia, diambil setelah BNPB mendata penyebab karhutla yang ada di Tanah Air.

"Terima kasih semuanya yang hadir, pertama seperti yang bapak Menko sampaikan tadi penyebab kebakaran 90 persen adalah manusia," kata Doni dalam rakorsus tingkat kementerian di Kantor Kemenko Polhukam, Jakarta, Rabu (21/8/2019).

Doni menerangkan, data BNPB mencatat kebakaran hutan terbesar terjadi di Provinsi Riau, Jambi, Jalsel, Kalbar, Sumsel, dan Kalteng.

"Kemudian jumlah yang terbakar sesuai pantauan satelit hingga 31 Juli, jadi kami belum bsa dapatkan akses sampai tanggal sekarang karena secara periodik per bulan, itu jumlah terbakar 135 ribu hektare," paparnya.

BNPB mencatat angka Karhutla tahun 2019 terbilang tinggi sejak 2015 lalu. Dimana titik api sebanyak hampir 1000 hotspot. Tercatat 37 heli dikerahkan untuk memadamkan api dengan personil 9.027 yang diterjunkan.

Karhutla

Menko Polhukam, Wiranto dalam arahannya meminta Satgas Karhutla untuk melakukan pencegahan hingga penanggulangan kebakaran hutan. Ia menargetkan titik api menjadi nol.

"Kita hitung saja, apakah sudah memadai? Manusianya, infrastruktur yang bisa membantu pencegahan penanggulangan kebakaran, alat yang kita miliki, sistem yang akan kita lakukan. Kalau belum, hambatannya di mana? Kita koordinasikan di sini," kata Wiranto.

(put)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini