Share

Polri: Situasi di Fakfak Papua Barat Sudah Tenang

Puteranegara Batubara, Okezone · Rabu 21 Agustus 2019 15:30 WIB
https: img.okezone.com content 2019 08 21 337 2094813 polri-situasi-di-fakfak-papua-barat-sudah-tenang-3LO2bFPAJz.jpg Karo Penmas Polri, Brigjen Dedi Prasetyo (Foto: Okezone)

JAKARTA - Polri menyatakan situasi di Fakfak, Papua Barat saat ini sudah tenang dan kondusif setelah sebelumnya memanas akibat demonstrasi berujung pengrusakan dan pembakaran disejumlah fasilitas.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karo Penmas) Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo menyebut, selain Fakfak situasi kondusif juga terjadi di Jayapura, Manokwari dan Sorong.

"Secara umum situasi kamtibmas Jayapura, Manokwari, Sorong sudah kondusif dan Fakfak juga sdh berangsur kondusif," kata Dedi di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Rabu (21/8/2019).

Foto: Antara

Dedi menekankan, situasi tenang dan kondusif tak lepas dari upaya pihak TNI, Polri dan pemerintah setempat yang terus melakukan pendekatan secara persuasif kepada masyarakat.

Selain itu, kata Dedi, pihaknya juga terus menyosialisasikan kepada masyarakat untuk tidak mudah termakan oleh isu atau informasi yang belum tentu kebenarannya atau hoaks.

"Kehadiran Polri, TNI dan pemda serta seluruh komponen masyarakat mendukung langkah menciptakan situasi yang kondusif di wilayah Papua dan tidak terprovokasi oleh narasi dan konten hoaks yang disebarkan di medsos," papar Dedi.

Baca Juga: TNI-Polri Bergerak Redam Demo di Fakfak Papua Barat

Sementara itu, untuk tambahan kekuatan personel aparat di Papua dan Papua Barat yakni, Manokwari sebanyak lima Satuan Setingkat Kompi (SSK), Sorong empat SSK dan Fakfak satu SSK.

Kemudian rencananya personel itu akan kembali dipertebal pada hari ini. Nantinya, aparat itu akan disebar ke beberapa titik, yakni dua SSK ke Sorong, dua SSK ke Timika dan satu SSK ke Fakfak.

Satu SSK sendiri berjumlah 100 personel aparat kepolisian yang dikerahkan dari seluruh Polda di Indonesia yang terdekat dengan wilayah Papua dan Papua Barat.

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini