Polri Pertebal Kekuatan Personel di Papua Barat dan Papua

Puteranegara Batubara, Okezone · Rabu 21 Agustus 2019 13:27 WIB
https: img.okezone.com content 2019 08 21 337 2094740 polri-pertebal-kekuatan-personel-di-papua-barat-dan-papua-5cImALGwMn.jpg Kadiv Humas Polri, Irjen M. Iqbal foto: (Okezone)

JAKARTA - Polri terus mempertebal pengamanan di Papua Barat dan Papua dengan mengerahkan personel tambahan ke provinsi tersebut. Hal itu untuk semakin membuat situasi kondusif dan aman.

Kepala Divisi (Kadiv) Humas Polri Irjen Mohammad Iqbal menyatakan, pihaknya kembali mengerahkan sebanyak 12 satuan setingkat kompi (SSK) dari Polda terdekat menuju Papua dan Papua Barat.

"Polda Sulawesi Selatan, Sulawesi Utara, Sulawesi Utara, Sulawesi Tenggara, Maluku, NTB dan terakhir Polda Kaltim akan tiba di tanah Papua," kata Iqbal di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Rabu (21/8/2019).

 Baca juga: Polri Upayakan Persuasif Tangani Kericuhan di Fakfak Papua

Untuk penempatan personel, Iqbal menuturkan akan ditempatkan di Sorong dan Manokwari. Sementara untuk wilayah Fakfak yang saat ini dikabarkan mengalami kerusuhan masih ditangani Polda dan Polres setempat.

"Kami yakin dengan upaya-upaya komunikasi juga upaya-upaya pendekatan yang dikedepankan oleh tokoh-tokoh masyarakat merangkul semua masyarakat yang katakanlah mereka tidak paham benar apa sebenarnya yang terjadi. Ini jangan akibat yang kita duga hoax segelintir dan informasi menjadikan kerugian yang semakin besar di tanah Papua," papar Iqbal.

 Baca juga: Aksi di Fakfak, Polisi Minta Warga Tidak Anarkis

Terkait kerusuhan di Fakfak, mantan Wakapolda Jawa Timur ini menduga masih terkait kerusuhan di Sorong dan Manokwari. Ia pun meminta masyarakat boleh menyampaikan aspirasi namun jangan bertindak anarkis.

"Boleh menyampaikan aspirasi tetapi jangan bertindak anarkis," tutur Iqbal.

Adapun personel yang dikerahkan ke Manokwari yakni, Brimobda Sulut sebanyak 190 personel, Brimobda Maluku 190 personel dan Brimobda Sultra 190 personel.

Sedangkan pengamanan di Sorong Kota yakni, Brimobda Sulsel berjumlah 200 personel, Brimobda Bali sebanyak 190 personel.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini