nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

MUI Undang UAS Bahas Ceramah yang Dituduh Menodai Simbol Agama

Arie Dwi Satrio, Jurnalis · Rabu 21 Agustus 2019 09:40 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 08 21 337 2094633 mui-undang-uas-bahas-ceramah-yang-dituduh-menodai-simbol-agama-WZv3ZRkBUC.jpg Ustadz Abdul Somad (Foto: Ist)

JAKARTA - Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengundang Ustadz Abdul Somad (UAS) untuk bertemu di kantor Majelis Ulama Indonesia (MUI), Jakarta Pusat, pada hari ini. Rencana pertemuan tersebut untuk membahas video ceramah UAS yang sedang viral dan berujung laporan ke pihak kepolisian. 

Wakil Ketua Umum (Waketum) MUI, Zainut Tauhid Sa'adi mengatakan, pihaknya telah mengundang Ustadz Abdul Somad untuk datang ke kantor dalam rangka klarifikasi sebuah video yang sedang viral dan silaturahmi.

"Sesuai dengan hasil keputusan Rapat Pimpinan Harian MUI hari Selasa, 20 Agustus 2019 yang menyepakati akan mengundang Ustadz Abdul Somad (UAS) untuk bersilaturahmi sekaligus klarifikasi," kata Zainut kepada Okezone, Rabu (21/8/2019).

Baca Juga: Klarifikasi Ustadz Abdul Somad Terkait Tuduhan Penodaan Agama dalam Ceramahnya

Uas

Dijelaskan Zainut, MUI akan menggali keterangan dari Ustadz Abdul Somad terkait video yang viral dan dipermasalahkan oleh beberapa pihak. Rencananya, MUI akan bertemu dengan Ustadz Abdul Somad sekira pukul 15.00 WIB.

"Kami ingin menggali informasi dari beliau untuk mengetahui secara detail tentang kronologi permasalahan agar nantinya tidak salah dalam mengambil keputusan, maka kami perlu bertabayyun terlebih dulu dengan yang bersangkutan dan insyaallah beliau siap bertemu dengan kami hari ini jam 15.00 di Kantor MUI"‎ ucapnya.

Menurut Zainut, MUI akan memposisikan diri sebagai mediator atau penengah dalam menyelesaikan masalah ini. MUI berharap setelah adanya pertemuan dengan Ustadz Abdul Somad permasalahan terkait video yang viral tidak membesar dan berlarut.

"Untuk hal tersebut MUI mengimbau kepada semua pihak untuk bersabar, tetap tenang, tidak terpancing dan terprovokasi oleh pihak-pihak yang sengaja ingin menciptakan keresahan di masyarakat dengan cara mengadu domba antarumat beragama," ujarnya.

Baca Juga: Muhammadiyah Pertanyakan Viralnya Video Ceramah UAS yang Dituduh Penodaan Agama

Sekadar informasi, video Ustadz Abdul Somad sedang ceramah di depan umatnya viral di media sosial (medsos). Ustadz Abdul Somad kemudian ‎dilaporkan oleh beberapa pihak ke kepolisian karena ceramahnya tersebut diduga telah menistakan simbol agama lain.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini