nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

DPR Anggap Pemerintah Tak Serius Tangani Konflik di Papua

Harits Tryan Akhmad, Jurnalis · Selasa 20 Agustus 2019 19:19 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 08 20 337 2094447 dpr-anggap-pemerintah-tak-serius-tangani-konflik-di-papua-t0iYXnhESf.jpeg Massa turun ke jalan di Manokwari, Papua Barat, memprotes tindakan rasisme terhadap mahasiswa Papua di Jawa berujung rusuh. (Okezone/Ist)

JAKARTA – Anggota DPR RI Fraksi PDI Perjuangan, Komarudin Watubun, menilai pemerintah tak serius dalam menangani berbagai persoalan yang ada di Pulau Papua.

Menurut anggota dewan dari daerah pemilihan Papua itu, adanya insiden yang terjadi di Bumi Cenderawasih saat ini merupakan satu dari sekian banyak masalah yang tak tertangani dengan baik oleh pemerintah.

“Jadi urusan yang begini, urusan saya 10 tahun, tiap hari urus yang begini-begini. Saya sudah masuk pada kesimpulan bahwa pemerintah memang tidak serius urus Papua,” ujar Komarudin di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (20/8/2019).

Ketua Bidang Kehormatan Partai DPP PDI Perjuangan itu mengutarakan, aparat keamanan setiap ada demo atau kerusuhan sangat bersikap represif. Padahal seharusnya, sebagai penegak hukum tak bersikap seperti itu.

Kerusuhan di Manokwari Papua

Lebih jauh, ia mengatakan, apabila masyarakat Papua marah pasti ada sebabnya. Seperti kericuhan kemarin lantaran mereka merasa tak terima mahasiswa Papua di Surabaya mendapatkan tindakan rasisme dan kekerasan.

“Kalau mau padam asap maka api yang harus padam terdahulu baru asap. Kalau sepanjang diurus asap apinya dibiarkan, ini tetap juga seperti begini. Ini kan ada gerakan besar,” kata dia.


Baca Juga : AJI Kritik Kebijakan Perlambatan Akses Internet di Papua

“Kalau tidak ada konsolidasi yang besar kan tidak mungkinlah. Masa orang bicara monyet di Surabaya langsung di beberapa kota terjadi kebakaran. Jadi jangan kita sibuk untuk mengurus permukaan ya, asap, sibuk siram asap, tapi apinya tidak diurus,” tuturnya.

Selain itu, dia mendorong agar wilayah Papua benar-benar diperhatikan dengan tulus. Hal itu agar ke depannya tak ada lagi kejadian-kejadian yang tak diinginkan terulang kembali.

"Memang penanganan Papua ini harus orang tulus, jangan Papua itu dipakai untuk isu-isu cari jabatan, pangkat, cari segala macam," tuturnya.


Baca Juga : 25 Fasilitas Umum Rusak Akibat Kerusuhan di Manokwari dan Sorong

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini