nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jatah 45% Kabinet untuk Parpol, PDIP Yakin Dapat Paling Banyak

Sarah Hutagaol, Jurnalis · Selasa 20 Agustus 2019 08:31 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 08 20 337 2094117 jatah-45-kabinet-untuk-parpol-pdip-yakin-dapat-paling-banyak-QtGI8PzB4Q.jpg Jokowi-Ma'ruf Amin. (Foto: Okezone)

JAKARTA – Politikus PDIP Eva Kusuma Sundari menghormati keputusan presiden terpilih Joko Widodo yang berencana mengatur komposisi Kabinet Indonesia Kerja Jilid II Periode 2019–2024.

Dalam kesempatan beberapa waktu lalu, Jokowi mengungkapkan kalau kabinet dirinya dengan Ma'ruf Amin akan diisi komposisi 55 persen dari kalangan profesional dan 45 persen untuk anggota partai politik.

Baca juga: Jokowi Bocorkan Komposisi Kabinet Kerja Jilid II: 45% Diisi Parpol, 55% Profesional

"Ya kita enggak menyoal, karena dia (Jokowi) yang memegang otoritas," ujar Eva saat berbincang dengan Okezone, Senin 19 Agustus 2019.

Presiden Joko Widodo. (Foto: Twitter @jokowi)

"Jadi karena dia pemegang prerogatif dan koalisi umum ini, kita hormati, dan kita patuhi. Tidak kita soal, karena pemegang otoritasnya dia," lanjut Eva.

Baca juga: Prabowo Dinilai Tak Akan Kirim Kader Gerindra ke Kabinet Jokowi 

Ia mengatakan, melalui komposisi 45 persen jatah parpol, kemudian jika terdapat 34 kementerian, maka partai bakal mendapat 16 posisi. Meski demikian, Eva tetap yakin PDIP akan diberi jatah yang lebih banyak dari parpol lain.

"Jadi ya PDIP harus banyak. Kayak yang Ibu Mega ngomong, dan ini koalisi umum Jokowi juga kan sebetulnya, bahwa pembentukan kabinet mengikuti jumlah kursi yang ada di DPR," ungkap Eva.

(han)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini