nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kerusuhan Manokwari Tak Lantas Membuat Medsos Dibatasi

Fakhrizal Fakhri , Jurnalis · Senin 19 Agustus 2019 18:42 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 08 19 337 2093942 kerusuhan-manokwari-tak-lantas-membuat-medsos-dibatasi-EjC0lvZwYY.jpg Ali Mochtar Ngabalin (Dok. Okezone)

JAKARTA - Pemerintah memastikan tak akan membatasi penggunaan media sosial (medsos) lantaran adanya insiden kerusuhan di Manokwari dan sejumlah daerah di Papua.

Staf Deputi IV KSP, Ali Mochtar Ngabalin mengatakan, saat ini pemerintah hanya mengimbau agar masyarakat tak menyebarkan hoaks terhadap insiden tersebut.

Selain itu, masyarakat juga diminta tak memprovakasi persoalan tersebut karena hanya akan memperkeruh suasana kondusifitas di Tanah Cendrawasih.

"Tidak ada cara lain kecuali memang diimbau untuk kepada semua pihak untuk tidak menyebarkan foto-foto, video-video yang cenderung memprovokasi publik memprovokasi masyarakat karena itu akan membuat situasi yang tidak bagus bagi orang Papua baik di Jayapura, baik di Manokwari, di seluruh Tanah Papua," kata Ngabalin di Kemenko Polhukam, Jakarta, Senin (19/8/2019).

Kerusuhan di Manokwari (Foto: Istimewa)

Baca Juga: Wiranto Imbau Masyarakat Tak Terpancing Berita Hoaks Kerusuhan Manokwari

Baca Juga: Jangankan Warga Papua, Semua Orang di Seluruh Dunia Boleh ke Malang!

Ngabalin juga meminta publik untuk cermat dan cerdas dalam menyebarkan berita-berita di medsos. Ia ingin persoalan Papua ini bisa rampung dalam waktu sehari atau dua hari ke depan.

"Kepada seluruh masyarakat bisa lebih teliti untuk tidak ikut menyebarkan berita-berita yang hoaks memprovokasi konten-konten yang memanas-manasi sehingga tidak lebih banyak menimbulkan masalah negatif di publik," tuturnya.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini