nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ustadz Abdul Somad Juga Dilaporkan ke Polda Metro Jaya

Puteranegara Batubara, Jurnalis · Senin 19 Agustus 2019 16:35 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 08 19 337 2093889 ustadz-abdul-somad-juga-dilaporkan-ke-polda-metro-jaya-wmCD03PKVE.jpg Tim kuasa hukum Ormas Horas Bangso Batak melaporkan Ustadz Abdul Somad ke Polda Metro Jaya (Foto: Puteranegara/Okezone)

JAKARTA - Organisasi Masyarakat Horas Bangso Batak (HBB) melaporkan ulama kondang Ustadz Abdul Somad (UAS) ke Polda Metro Jaya terkait ceramahnya. UAS sebelumnya juga dilaporkan ke Bareskrim Polri terkait isi dari dakwahnya mengenai salib.

Kuasa Hukum HBB, Erwin Situmorang menjelaskan, laporan tersebut dibuat guna mencegah adanya penistaan agama yang dilakukan pemuka agama.

"Maksud kedatangan kami di sini bahwa jangan ada lagi ustadz-ustadz lain atau pendeta atau pastur lain yang menghina atau menista agama karena kita umat yang saling mengasihi, menghargai satu sama lain," kata Erwin di Polda Metro Jaya, Senin (19/8/2019).

Baca Juga: Ustadz Abdul Somad Dilaporkan ke Bareskrim Terkait Ceramah soal Salib

Pihaknya merasa dirugikan karena pernyataan UAS dalam ceramahnya tidak benar. "Seperti kita ketahui ceramah beliau di pekan baru itu yang menyatakan bahwa salib itu didalamnya ada iblis dan kafir, ada jin dan menyatakan juga di ambulan bahwa itu ada lambang kafir itu pernyataan yang tidak benar," tuturnya.

Ustadz Abdul Somad

Menurut Erwin, ada pula pemeluk agama Islam yang menyebut pernyataan UAS keliru. Sehingga semakin menguatkan pihaknya melayangkan laporan ke kepolisian.

"Ada beberapa pernyataan juga yang dari pemeluk agama muslim yang menyatakan bahwa pernyataan Ustaz Abdul Somad itu keliru. Jadi, kami sendiri di sini sebagai umat kristiani, namun sesama umat muslim juga keberatan atas pernyataan yang disampaikan oleh beliau," tutur Erwin.

Laporan itu teregister dalam nomor laporan polisi LP/5087/VIII/2019/PMJ/Dit. Reskrimsus tanggal 19 Agustus 2019. Pelapor dalam hal ini, Netty sendiri dan terlapor UAS. Pasal yang dilaporkan yakni Pasal 156 KUHP.

Baca Juga: Apakah Toleransi Sudah Hilang di Masyarakat Indonesia?

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini