nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Wiranto Imbau Masyarakat Tak Terpancing Berita Hoaks Kerusuhan Manokwari

Fakhrizal Fakhri , Jurnalis · Senin 19 Agustus 2019 15:15 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 08 19 337 2093840 wiranto-imbau-masyarakat-tak-terpancing-berita-hoaks-kerusuhan-manokwari-zQLdop5FCs.jpg Menko Polhukam Wiranto

JAKARTA - Menko Polhukam Wiranto mengimbau masyarakat tak terpancing dengan adanya berita hoaks sehingga berdampak pada kerusuhan di Manokwari, Papua Barat.

Pemerintah, kata Wiranto, telah melakukan rapat koordinasi (rakor) di Kemenko Polhukam. Hasilnya, kerusuhan tersebut terjadi karena adanya berita hoaks yang sama sekali tidak bisa dibuktikan kebenerannya.

"Kita baru saja memperingati HUT ke-74 Kemerdekaan RI yang salah satu tujuannya untuk mengingatkan agar persatuan dan kesatuan menjadi modal kemerdekaan tetap terawat dan terpelihara," kara Wiranto di kantornya, Senin (19/8/2019).

Wiranto memastikan, pemerintah telah mengevaluasi penyebab terjadinya kerusuhan di Manokwari yang berasal dari adanya konflik mahasiswa Papua di Surabaya dan Malang itu.

"Pemerintah menyesalkan dengan adanya insiden yang saat ini sedang berkembang tentang pelecehan bendera merah putih di Jawa Timur yang disusul dengan berbagai pernyataan negatif oleh oknum-oknum yang memicu aksi di beberapa daerah terutama di Papua dan Papua Barat yang nyata-nyata menganggu kebersamamaan dan persatuan," ujarnya.

Wiranto mengapresiasi Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa yang secara terbuka meminta maaf akan insiden yang terjadi di wilayah administratifnya.

Baca Juga: Rusuh di Manokwari, Khofifah Minta Maaf ke Gubernur Papua via Telepon

Selain itu, Wiranto juga mengapresiasi Gubernur Papua Lukas Enembe yang telah mengimbau masyarakat Papua agar tidak memperpanjang insiden ini guna menjaga persatuan dan persaudaraan antar-anak bangsa di NKRI.

"Saya juga menyampaikan apresiasi kepada Forkompimda Papua Barat yang telah mampu menenangkan masyarakat untuk manjaga stabilitas keamanan wilayah," tandasnya.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini