Kerusuhan di Manokwari, MUI Imbau Masyarakat Tenang dan Jangan Terprovokasi

Harits Tryan Akhmad, Okezone · Senin 19 Agustus 2019 12:43 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 08 19 337 2093760 kerusuhan-di-manokwari-mui-imbau-masyarakat-tenang-dan-jangan-terprovokasi-cqzZqUIpcJ.jpg Sekjen MUI Anwar Abbas (Foto: Ist)

JAKARTA - Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengimbau masyarakat untuk tenang dan tidak terprovokasi atas dugaan persekusi dan serangan rasis terhadap mahasiswa Papua di Pulau Jawa yang berbuntut kericuhan di Manokwari, Papua Barat.

Sekjen MUI, Anwar Abbas mengatakan, sesama warga negara harus saling menjaga ketentraman dan tak saling caci.

"Untuk itu, MUI mengimbau masyarakat agar tetap tenang dan mampu mengendalikan diri serta tidak terprovokasi oleh isu-isu yang bermacam-macam agar suasana tenang dan damai tetap terjaga dan terpelihara serta tidak semakin keruh," katanya kepada wartawan di Jakarta, Senin (19/8/2019).

Baca Juga: Kerusuhan di Papua Barat Dipicu Video Provokasi di Medsos

Anwar menyesalkan adanya dugaan persekusi dan serangan rasis terhadap mahasiswa Papua. Tindakan semacam itu sangat mengganggu ketentraman dan kebersamaan sesama anak bangsa.

"MUI menyesalkan terjadinya tindak kekerasan yang berbau sara di Surabaya, Nalang dan di Papua karena hal ini jelas-jelas akan sangat mengganggu ketentraman dan rasa kebersamaan di kalangan anak bangsa," ujarnya.

Kerusuhan di Manokwari

Pihaknya pun meminta aparat penegak hukum dapat mengatasi permasalahan tersebut dengan profesional.

"Kepada pihak aparat keamanan dan penegak hukum MUI mengimbau agar bekerja secara profesional sehingga masalah yang kita hadapi dapat kita atasi dengan baik," ujarnya.

Baca Juga: 3 Polisi Terluka saat Amankan Kerusuhan di Manokwari 

Sekadar diketahui, unjuk rasa warga di Kota Manokwari, Papua Barat, disebut sebagai bentuk protes dugaan persekusi dan serangan rasis terhadap mahasiswa Papua di Pulau Jawa. Bahkan, massa melakukan pembakaran terhadap Kantor DPRD Papua Barat.

Selain itu, pengunjuk rasa juga memenuhi jalan-jalan utama Kota Manokwari. Sejumlah ruas jalan protokol di Ibu Kota Papua Barat itu diblokir massa.

(Ari)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini