nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Gerindra Prediksi Pemindahan Ibu Kota Terealisasi 10 Tahun Mendatang

Arie Dwi Satrio, Jurnalis · Senin 19 Agustus 2019 11:02 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 08 19 337 2093699 gerindra-prediksi-pemindahan-ibu-kota-terealisasi-10-tahun-mendatang-0JYFnjEmUT.jpg Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Edhy Prabowo (Foto: Ist)

JAKARTA - Partai Gerindra mendukung rencana Presiden Joko Widodo (Jokowi) memindahkan Ibu Kota ke luar Jakarta. Namun, Gerindra memprediksi wacana tersebut baru akan terealisasi 10 tahun mendatang.

Menurut Wakil Ketua Umum Partai Gerindra, Edhy Prabowo, masih banyak permasalahan yang harus diselesaikan pemerintah dalam jangka waktu dekat ini, ketimbang mengurusi pemindahan Ibu Kota. Salah satunya terkait lapangan pekerjaan hingga krisis air bersih.

"Kalau ditanya kapan? Kalau bisa dihitung 10 tahun ke depan. Karena masalah kita sekarang bukan masalah Ibu Kota, tapi masalah lapangan pekerjaan, masalah sekolah, masalah harga-harga yang masih sangat tinggi, listrik energi yang bermasalah, belum lagi kita krisis air, ini yang harus kita pecahkan dulu. Kalau ini sudah matang, sudah siap ya monggo," kata Edhy kepada Okezone, Senin (19/8/2019).

Baca Juga: Dukung Jokowi Pindahkan Ibu Kota, Prabowo: Itu Perjuangan Gerindra Sejak 2014

Infografis

Edhy mengingatkan agar wacana pemindahan Ibu Kota buka dida‎sari oleh kepentingan golongan atau pribadi. Terlebih, katanya, soal lokasi untuk memindahkan Ibu Kota ke luar Jakarta.

"Yang paling penting kan, pemindahan Ibu Kota ini bukan kehendak pribadi tapi atas kebutuhan nasional, mau di Kalimantan bisa, Kalimantan kan juga luas, tinggal pilih. Intinya idealnya seperti apa," ucapnya.

Wacana pemindahan Ibu Kota sendiri santer terdengar dari Presiden Jokowi beberapa waktu belakangan ini. Isu yang berkembang, pemerintah akan memindahkan Ibu Kota ke Kalimantan.

Gerindra tidak mempermasalahkan pemindahan Ibu Kota ke Kalimantan. Asalkan, kata Edhy, pemerintah sudah mempunyai perhitungan yang matang menjadikan Kalimantan sebagai Ibu Kota.

"Apakah lahan disini enggak ada? Kalau ada di mana? Tapi, tidak serta merta sudah putuskan terus secara emosional. Kami percaya pemerintahan ini sudah punya hitungan dan kajian. Kami dari Gerindra perpindahan itu mendukung," ujarnya.

Baca Juga: PKS: Pemindahan Ibu Kota Harus Cermat dan Terkalkulasi Baik

(Ari)

Berita Terkait

Ibu kota pindah

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini