nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Gerindra Tak Setuju Swasta Ikut Terlibat Bangun Ibu Kota Baru

Arie Dwi Satrio, Jurnalis · Senin 19 Agustus 2019 10:30 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 08 19 337 2093686 gerindra-tak-setuju-swasta-ikut-terlibat-bangun-ibu-kota-baru-z9rEB55dwt.jpg Wakil Ketua Umum Gerindra Edhy Prabowo (Foto: Okezone)

JAKARTA - Partai Gerindra mendukung rencana Presiden Joko Widodo (Jokowi) memindahkan Ibu Kota Negara. Namun, Gerindra menolak rencana keterlibatan pihak swasta ikut membangun Ibu Kota baru, yang rencananya di Kalimantan.

"Yang paling penting, kami tidak setuju kalau swasta yang akan membangun. Yang bangun pemerintahan ini adalah negara‎," kata Wakil Ketua Umum Gerindra, Edhy Prabowo saat berbincang dengan Okezone, Senin (19/8/2019).

Baca Juga: Bima Arya: Kota Bogor Dukung Perpindahan Ibu Kota ke Kalimantan 

Ilustrasi

Edhy menjelaskan, alasan Gerindra menolak usulan swasta ikut terlibat membangun Ibu Kota, agar pemerintah tidak mudah didikte atau disetir oleh pihak mana pun.

"Kenapa? Karena kita inginnya independensi pemerintah itu sendiri. Jadi, tidak boleh kita didikte oleh pihak lain di mana pun itu," ucap Edhy.

"Jadi, membangun kantor pemerintah itu harus murni dana p‎emerintah sendiri. Supaya tidak ada Presiden yang tidak baik dengan adanya conflict of interest, jangan sampai kita disetir, diatur, atau dikontrol oleh pihak luar," imbuhnya.

Sebelumnya, pemerintah berencana menggandeng pihak swasta untuk membangun Ibu Kota baru untuk mengurangi beban APBN. Menteri Perencanaan dan Pembangunan Nasional (Bappenas), Ba‎mbang Brodjonegoro bahkan sudah mengajak salah satu pihak swasta untuk membangun Ibu Kota baru.

Baca Juga: Prabowo Bilang Gerindra Perjuangkan Pemindahan Ibu Kota sejak 2014, Nasdem : Tak Pernah Dengar 

(Ari)

Berita Terkait

Ibu kota pindah

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini