nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Dua Anak Bakal Terima Penghargaan Ikon Pancasila dari BPIP

Bramantyo, Jurnalis · Senin 19 Agustus 2019 02:13 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 08 19 337 2093606 dua-gadis-belia-bakal-terima-penghargaan-ikon-pancasila-dari-bpip-yvZWD2hoSP.jpg BPI akan serahkan Ikon Pancasila ke-74 tokoh di De Tjolomadu Karanganyar, Jateng, 19 Agustus 2019. (Foto : Bramantyo/Okezone)

SOLO – Sebanyak 74 orang bakal menerima Ikon Pancasila 2019 dari Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) yang akan diserahkan di gedung bekas pabrik gula De Tjolomadu Karanganyar, Jawa Tengah.

Dari daftar yang diterima Okezone, Ketua Dewan Pengarah BPIP, Megawati Soekarnoputri, direncanakan menghadiri pemberian Ikon Prestasi Pancasila tersebut.

Dari 74 penerima Ikon Pancasila 2019, ada beberapa di antaranya yang masih berusia di bawah 20 tahun. Ialah Davyn Sudirdjo (18), yang berhasil membuat aplikasi E-Tani yang menjadi wadah e-commerce bagi 200 kelompok tani di Indonesia. Selain itu, penerima ikon prestasi Pancasila lainnya ialah dua anak yakni Samantha Edithso (11) dan Yuma Soerianto (12).

Samantha Edithso sudah diperkenalkan ke dunia catur saat usia 6 tahun. Gadis cilik itu mengharumkan nama Indonesia setelah menjadi juara dunia pada ajang FIDE World Championship 2018 U-10 yang berlangsung di Minsk, Belarusia, akhir Juni lalu. Samantha Edithso juga tidak terkalahkan dalam sembilan babak.

BPIP akan serahkan Ikon Pancasila ke-74 tokoh di De Tjolomadu Karanganyar, Jateng, 19 Agustus 2019. (Foto : Bramantyo/Okezone)

Selain itu, Samantha Edithso meraih gelar juara di Spanyol. Gadis 11 tahun tersebut meraih gelar di kejuaraan catur kadet dunia 2018 yang digelar di Santiago de Compostela, yang digelar pada tanggal 3-16 November 2018.

Apalagi saat menerima penghargaan di podium itu hanya Samantha yang berbalut bendera negaranya. Runner-up asal Rusia, Alexandra Shvedova, dan peringkat tiga, Chen Yining (China), membisu tanpa membawa bendera mereka.

Saat pertandingan berlangsung, Samantha sempat meminta disediakan Bendera Merah Putih. Pada akhirnya, Bendera Merah Putih itu mengantarkan Samantha naik ke podium dan menyanyikan lagu ‘Indonesia Raya’.

Anak lainnya yang akan menerima ikon prestasi Pancasila ialah Yuma Soerianto (12). Sejak berumur 10 tahun, anak laki-laki itu sudah menjadi programmer termuda di konferensi WWDC (World Wide Developers Conference) tahun 2017 yang mendapat perhatian CEO Apple, Tim Cook.

Ia membuat aplikasi untuk membantu orangtuanya dalam menentukan harga barang, yang memudahkan orang dalam membeli suvenir.

Yuma sekarang menempuh pendidikan di Middle Park Primary School, Melbourne. Ia saat ini sudah menciptakan lima aplikasi lainnya, yaitu Lets Stack, Hunger Button, Kid Calculator, Weather Duck, dan Pocket Poke.

Dari Kota Solo sendiri, yang bakal menerima Ikon Pancasila adalah dr LO. Sementara yang tertua berusia 96 tahun atas nama Profesor Saparinah Saldi.

Direktur Sosialisasi Komunikasi dan Jaringan BPIP, Aris Heru Utomo mengatakan, ikon prestasi Pancasila 2019 merupakan salah satu kegiatan yang sudah dirancang.

Direktur Sosialisasi Komunikasi dan Jaringan BPIP, Aris Heru Utomo (Bramantyo)

Pemberian ikon prestasi pada 74 orang, baik individu maupun kelompok, ditujukan untuk mengapresiasi kelompok-kelompok yang dianggap telah melaksanakan nilai-nilai Pancasila.

"Bisa saja nama-nama yang dipilih itu menimbulkan kontroversi. 'Kok dia? Dia kan masih kecil, baru umur 11 tahun. Bisa saja, besarnya ikut kewarganegaraan mana?’. Namun sejauh ini tidak ada. Karena tanggal 13 sudah konferensi pers, kita share nama-namanya. Sejauh ini tidak ada komplain," ujar Aris, dalam pemaparannya pada media, di de Tjolomadu, Minggu (18/8/2019).

Baca Juga : Pemuda 18 Tahun Davyn Sudirdjo Raih Penghargaan di Bidang Sains dari BPIP

Menurut Aris, ini bukanlah kegiatan pertama kali. Sebelumnya saat masih bernama Unit Kerja Presiden Untuk Pembinaan Ideologi Pancasila (UKP-PIP), pada 2017 pihaknya juga sudah mengadakan kegiatan serupa.

"Dalam kontes kenegaraan sebagai lembaga BPIP, ini yang pertama kalinya," tuturnya.

1
2

Berita Terkait

HUT Ke-74 RI

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini