nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

TNI AL 'Kuasai' KM Mina Sejati yang Dibajak di Perairan Maluku

Arie Dwi Satrio, Jurnalis · Minggu 18 Agustus 2019 20:30 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 08 18 337 2093558 tni-al-kuasai-km-mina-sejati-yang-dibajak-di-perairan-maluku-zFAdHc0Dmy.jpg Ilustrasi

JAKARTA - ‚ÄéKepala Basarnas Ambon, Muslimin mendapat laporan bahwa Kapal Motor (KM) Mina Sejati, yang dibajak oleh orang tidak dikenal telah ditangani oleh TNI-AL. Berdasarkan laporan yang diterimanya, kapal perang atau KRI Teluk Lada milik TNI-AL telah merapat ke Kapal Motor (KM) Mina Sejati.

"Sementara sudah ditangani dari TNI AL. KRI Teluk Lada milik Armada 3 TNI AL," kata Muslimin saat dikonfirmasi Okezone, Minggu (18/8/2019).

Muslimin belum mendapatkan update laporan terkini terkait para ABK yang masih berada di KM Mina Sejati. Dia hanya mendapatkan laporan bahwa KRI milik TNI AL sudah merapat atau menguasai KM Mina Sejati.

"Laporannya sudah merapat namun hasilnya belum ada info terbaru," ucapnya.

Baca Juga: KM Mina Sejati Dibajak di Perairan Maluku, 2 ABK Tewas

Diketahui sebelumnya, KM Mina Sejati dibajak oleh orang tidak dikenal yang diduga pelakunya merupakan Awak Buah Kapal (ABK). Berdasarkan laporan yang diterima oleh pihak kepolisian, pembajakan KM Mina Sejati terjadi pada Jumat, 16 Agustus 2019, sekira pukul 20.00 WIT.

Pihak kepolisian baru mendapatkan laporan tersebut pada Sabtu, 17 Agustus 2019. Pembajakan dilaporkan bermula dari pertikaian antara sesama ABK. Sebanyak sembilan ABK yang berada di KM Mina Sejati kemudian langsung menceburkan diri ke perairan Maluku.

Nahas, dua orang ABK tewas diduga kelelahan saat menyelematkan diri. Sementara tujuh ABK lainnya yang menyeburkan diri telah dilakukan proses evakuasi oleh kapal nelayan lainnya yang posisinya dekat dengan KM Mina Sejati

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini