nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Menko Puan: Toleransi Harus Dikedepankan!

Muhamad Rizky, Jurnalis · Minggu 18 Agustus 2019 15:59 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 08 18 337 2093509 menko-puan-toleransi-harus-dikedepankan-cXjqpnpx0T.jpg Menko PMK Puan Maharani di Undip (Foto: Humas Kemenko PMK)

SEMARANG - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Puan Maharani hadir dalam kegiatan Orientasi Diponegoro Muda (ODM) 2019 di Kompleks Gelora Universitas Diponegoro (Undip), Tembalang, Semarang, Jawa Tengah Minggu (18/8/2019).

Dalam kesempatan itu, Puan berpesan kepada ribuan mahasiswa baru Undip untuk selalu mengedepankan sikap toleransi ditengah perbedaan yang ada.

Puan mengatakan bangsa Indonesia, terdiri dari ribuan pulau, suku, dan budaya berbeda-beda sehingga persatuan dan kesatuan penting untuk terus dijaga dan mustahil dilakukan tanpa adanya sikap toleransi.

"Toleransi sebagai rakyat Indonesia harus dikedepankan, bahwa kita itu terdiri 17 ribu pulau, 1.100 bahasa, 714 suku yang ada di seluruh Indonesia dan kita semua bisa bersatu di sini sama-sama ada di lapangan ini karena kita bangsa Indonesia," kata Puan saat menyampaikan orasi.

Puan Maharani (Foto: Humas Kemenko PMK)

Puan juga mendorong agar para mahasiswa bisa menjadi pionir di setiap daerahnya masing-masing. Terlebih di era globalisasi 4.0 saat ini kata dia, merupakan tantangan bagi mahasiswa untuk bisa menyesuaikan diri.

"Tapi jangan pernah lupa dengan akarnya bahwa kita orang Indonesia, kita itu besar kalau kita bersama. Tetap jaga kearifan lokal dan kebudayaan, keseniaan itu menjadi salah satu hal yang harus kita pegang selama kita ada di Indonesia," paparnya.

Lebih lanjut ia meminta agar mahasiswa yang menuntut ilmu di Universitas Diponegoro tidak hanya memiliki kemampuan dari sisi akademis namun juga memiliki nasionalisme yang tinggi.

"Selain membuat mahasiswanya pintar dan cakap dalam ilmu pengetahuan tapi juga memiliki jiwa nasionalisme yang tinggi, selalu mengedepankan Pancasila, bhineka tunggal ika, dan Negara Kesatuan Republik Indonesia," tukasnya.

Baca Juga: Peringati Hari Konstitusi, Wapres JK Sindir DPR yang Lama Bahas Pasal

Adapun ODM 2019 merupakan kegiatan tahunan dari Universitas Diponegoro untuk mahasiswa barunya sebelum menjalani masa perkuliahan.

Selain Puan, turut hadir pula Rektor Undip Yos Johan Utama, Ketua Ikatan Alumni Undip Maryono, Wali Kota Semarang Sumarmo Hadi Saputro dan Kepala Kanwil Kementerian Pertahanan Jawa Tengah Marsma TNI Latief Ainul Yaqin.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini