nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Oknum Polisi Intimidasi Wartawan saat Liput Demo, Ini Respon Polda Metro

Arie Dwi Satrio, Jurnalis · Minggu 18 Agustus 2019 14:29 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 08 18 337 2093470 oknum-polisi-intimidasi-wartawan-saat-liput-demo-ini-respon-polda-metro-i4TdcpAtg9.jpg Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Raden Prabowo Argo (foto: Okezone)

JAKARTA - ‎Sejumlah wartawan mengalami tindakan kurang etis atau intimidasi oleh oknum kepolisian saat meliput aksi buruh di kawasan Gedung DPR RI pada Jumat, 16 Agustus 2019. Saat itu, bertepatan dengan sidang tahunan MPR/DPR/DPD bersama dengan Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) di Komplek Parlemen, Senayan.

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Argo Yuwono mengatakan insiden dugaan intimidasi terhadap wartawan oleh sejumlah oknum kepolisian tidak dapat dibenarkan. Kendati demikian, Argo belum tahu siapa oknum polisi tersebut.

"Pada prinsipnya petugas kepolisian tidak dibenarkan untuk melakukan intimidasi terdahap masyarakat maupun wartawan yang sedang melakukan peliputan," kata Argo saat dikonfirmasi, Minggu (18/8/2019).

 Baca juga: Polri Dalami Pelaku Intimidasi Wartawan saat Liput Demo Buruh di DPR

Argo menegaskan, berdasarkan Standar Operasional Prosedur (SOP) pengamanan aksi demonstrasi, haram hukumnya melakukan kekerasan terhadap wartawan. Terlebih, wartawan yang sedang menjalankan tugas jurnalistiknya.

"Tidak dibenarkan anggota Polri melakukan kekerasan terhadap wartawan," tegas Argo.

 Baca juga: IJTI Kecam Intimidasi Oknum Polisi pada Wartawan

Argo pun menyarankan agar wartawan yang merasa diintimidasi oleh oknum polisi melaporkan hal itu ke Propam Polda Metro Jaya. Atas kejadian tersebut, Polda Metro Jaya juga meminta maaf kepada awak media yang merasa diintimidasi.

"Silakan laporkan kepada Propam Polda Metro Jaya seandainya ada anggota kepolisian yang melakukan hal-hal tersebut dan kami Polda Metro menyampaikan permohonan maaf atas kejadian yang terjadi," jelasnya.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini