nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Nasdem Ogah Bocorkan Nama Kader yang Masuk Kabinet Jokowi

Fadel Prayoga, Jurnalis · Minggu 18 Agustus 2019 07:02 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 08 18 337 2093371 nasdem-ogah-bocorkan-nama-kader-yang-masuk-kabinet-jokowi-jKkl5QvxEF.JPG Presiden Jokowi sampaikan pidato kenegaraan dalam sidang tahunan DPR & DPD RI 2019 di Kompleks Parlemen, Senayan, Jumat (16/8/2019). (Foto : Arif Julianto/Okezone)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memastikan penyusunan Kabinet Kerja Jilid II sudah final. Adapun komposisi jabatan itu diisi 45 persen orang-orang dari kader partai politik dan 55 persen lagi dari kalangan profesional.

Menanggapi hal itu, Sekjen Partai Nasdem, Johnny G Plate mengakui, Jokowi sudah pernah melakukan komunikasi kepada pihaknya terkait kadernya yang dipilih menjadi pembantunya dalam pemerintahan mendatang. Namun, ia enggan membeberkan lebih detail ihwal nama-nama yang bakal menjadi menteri.

“Pasti ada (komunikasi-red) terus-menerus. Anggota kabinet dan menteri serahkan itu sama Pak Jokowi,” ujarnya kepada Okezone, Minggu (8/18/2019).

Menurut dia, komunikasi yang terus dijalin antara partai pimpinan Surya Paloh itu dengan mantan gubernur DKI Jakarta itu tak selalu membicarakan tentang pembagian jatah kursi kabinet. Ia mengaku yang terpenting itu adalah mengokohkan kesolidan koalisi dalam menyongsong pemerintahan lima tahun mendatang.

Sekjen Partai Nasdem, Johnny Plate. (Foto : Harits Tryan Akhmad/Okezone)

“Itu untuk membangun dan menjaga gagasan kebangsaan di bawah pemerintahan Jokowi,” ujarnya.

Sebelumnya, Jokowi menyatakan hampir semua parpol pendukungnya akan dapat jatah jabatan menteri di Kabinet Kerja Jilid II.

"Soal jumlah ya dari PDIP pasti ada, PKB, Golkar, dan lain-lain," tutur Jokowi, beberapa waktu lalu.


Baca Juga : Para Sekjen Parpol Koalisi Jokowi Kumpul Bahas Isu Nasional

Sekadar diketahui, partai-partai politik pendukung Jokowi-Ma’ruf Amin sudah mengajukan nama-nama kadernya yang layak dianggap sebagai menteri ke Presiden Jokowi. PDIP sebagai parpol pemenang Pemilu 2019 meminta jatah kursi terbanyak dan Jokowi sudah mengaminkannya.


Baca Juga : Dikabarkan Diusulkan Jadi Menteri, Waketum Gerindra: Saya Hanya Pelayan di Partai

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini