nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Prabowo Bilang Gerindra Perjuangkan Pemindahan Ibu Kota sejak 2014, Nasdem : Tak Pernah Dengar

Fadel Prayoga, Jurnalis · Minggu 18 Agustus 2019 06:23 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 08 18 337 2093368 prabowo-bilang-gerindra-perjuangkan-pemindahan-ibu-kota-sejak-2014-nasdem-tak-pernah-dengar-FjXFlcn5tn.jpg Sekjen Partai Nasdem, Johnny G Plate. (Foto : Muhamad Rizky/Okezone)

JAKARTA – Sekjen Partai Nasdem Johnny G Plate mengaku tak pernah mendengar usulan dari Partai Gerindra terkait rencana pemindahan lokasi Ibu Kota ke luar Jakarta. Menurut dia, rencana itu memang sudah muncul di publik sudah lama, tapi yang menginisiasi bukan partai berlambang kepala burung garuda itu, melainkan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

“Pak Jokowi yang mengambil langkah serius melalui telaah yang mendalam. Termasuk melakukan studi-studi penelitian dan konsultasi yang dilakukan oleh Bappenas,” kata Johnny kepada Okezone, Minggu (18/8/2019).

Saat ini, kata dia, prosesnya masih terus dibahas Bappenas dengan Komisi XI DPR RI. Kedua lembaga itu sedang mengkaji lokasi mana yang pas untuk dipilih menjadi pusat pemerintahan mendatang. Selain itu, DPR sedang menggodok regulasi-regulasi yang akan digunakan sebagai landasan hukum provinsi tersebut dipilih menjadi Ibu Kota.

“Maka keputusan awal yang bisa dilakukan pemerintah untuk membuat jadi lebih serius dengan menyampaikan secara resmi kepada DPR,” ujarnya.

Terkait lokasi pasti Ibu Kota baru nanti, ia masih enggan menjelaskan secara rinci. Kata dia, yang pasti wilayahnya berada di Pulau Kalimantan. Ia meminta masyarakat untuk bersabar, sehingga tak menimbulkan spekulasi-spekulasi yang simpang siur dan tersebar di publik.

“Presiden udah bilang di Kalimantan, tunggu lahannya di mana. Jangan nanti diumumin, lalu keluar lagi spekulasi-spekulasi. Ada waktunya itu,” katanya.

Prabowo Subianto Usai Upacara di Kantor DPP Gerindra/Foto: Harits Tryan Akhmad

Sebelumnya, Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto mendukung rencana Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang akan memindahkan ibu kota ke Pulau Kalimantan. Menurutnya, rencanatersebut telah sesuai perjuangan partainya selama ini.


Baca Juga : Dukung Jokowi Pindahkan Ibu Kota, Prabowo: Itu Perjuangan Gerindra Sejak 2014

"Itu sudah perjuangan Gerindra sejak lama, dari 2014 kami berjuang untuk pemindahan ibu kota," kata Prabowo usai melaksanakan upacara HUT ke-74 RI, di Kantor DPP Partai Gerindra, Ragunan, Jakarta Selatan, kemarin.


Baca Juga : PKS: Pemindahan Ibu Kota Harus Cermat dan Terkalkulasi Baik

(erh)

Berita Terkait

Ibu kota pindah

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini