Pertunjukkan Bambu Tada Khas Morotai Ikut Meriahkan HUT ke-74 RI di Istana

Fakhrizal Fakhri , Okezone · Sabtu 17 Agustus 2019 12:54 WIB
https: img.okezone.com content 2019 08 17 337 2093187 pertunjukkan-bambu-tada-ikut-meriahkan-hut-ke-74-di-istana-jzckJrUcLl.jpg Bupati Morotai Benny Laos Beserta Istri Menjelaskan Musik Bambu Hitada (Tada) yang Dipertunjukan di Perayaan HUT Ke-74 RI di Istana Merdeka, Jakarta (foto: Fakhrizal/Okezone)

JAKARTA - Alunan musik Bambu Hitada (Tada) yang bersal dari Morotai, Maluku turut memeriahkan rangkaian acara perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-74 Republik Indonesia di Istana Negara, Jakarta, Sabtu (17/8/2019).

Panggung pertunjukan musik Bambu Tada yang terletak di jalan pintu masuk menuju Gedung Istana Negara dan Istana Merdeka menjadi hiburan tersendiri bagi para tamu undangan yang akan menuju ke tempat pelaksanaan upacara kemerdekaan Indonesia itu.

Baca Juga: HUT Ke-74 RI, Istana Pajang 2 Mobil Era Soeharto hingga Tampilkan Musik Bambu Hitada

Pertunjukan Musik Bambu Hitada dari Morotai, Maluku di HUT Ke-74 RI di Istana Kemerdekaan (foto: Fakhrizal/Okezone)	 

Bupati Morotai Benny Laos mengatakan, persiapan pihaknya yang tampil di Istana terbilang singkat. Menurut dia, penampilan musik kolosal khas Morotai ini juga sekaligus memperkenalkan musik Bambu Tada.

"Ini mengembangkan seni dan budaya yang ada di Morotai dan kita menunjukkan pada dunia bahwa kita kaya akan seni dan budaya ya. Dan penampilan hari ini kita berbagai macam tamu kenegaraan hadir juga," kata Benny di Komplek Istana Kepresidenan, Jakarta, Sabtu (17/8/2019).

Sekadar diketahui, musik Bambu Tada berasal dari kebiasaan masyarakat terdahulu yang lebih banyak hidup dengan alam serta menggabungkan beberapa bahan yang mereka dapatkan dari alam.

Alat musik yang digunakan biasanya terdiri dari ruas bambu, cikir, biola, dan juk. Ruas bambu ini merupakan salah satu peralatan utama yang memiliki panjang yang berbeda dan setiap batang bambu dilubangi sesuai dengan panjang bambu. Ini dimaksud untuk menghasilkan nada yang berbeda.

Baca Juga: Selamat Hari Kemerdekaan Ke-74 Republik Indonesia

Pertunjukan Musik Bambu Hitada (Tada) dari Morotai, Maluku di HUT Ke-74 RI di Istana Kemerdekaan (foto: Fakhrizal/Okezone)

Pada penampilanya di perayaan hari kemerdekaan di Istana Negara, kelompok seni yang didatangkan langsung dari Morotai itu banyak membawakan lagu-lagu nasional dan daerah sehingga menjadi hiburan tersendiri bagi peserta upacara.

"Kemarin kita baru selesai dapat rekor dunia. Harapannya lebih baik dan ke depan diundang tampil di Eropa dan Swiss. Tahun depan (acaranya)," ucapnya.

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini